Desa Baha Berkembang Menuju Desa Wisata

by -9 views

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung I Wayan Suambara bersama pejabat struktural dan fungsional melakukan kunjungan ke Desa Wisata Baha Kecamatan Mengwi, Jumat (20/11). Pengembangan Desa Wisata Baha mendapat pendampingan dari Program Pasca Sarjana Universitas Mahasaraswati yang dikoordinir oleh Dr Ketut Sumantra.

Hasil kunjungan tersebut, ada beberapa catatan yang disampaikan, antara lain dalam pengembangan Desa Wisata Baha harus memiliki master plan, luas kawasan, zonasi pengembangan, menjaga kelestarian sawah, saluran irigasi, jogging track dan infrastruktur. Disamping itu juga agar menjaga kesucian sumber mata air tempat penglukatan, mandi yang berlokasi di titik akhir rute Taman Beji Manik Segara.

Dalam pengembangan Desa Wisata Baha ini terjalin kerjasama yang rukun antara desa dinas, desa adat, subak dan masyarakat yang lahannya berada dalam kawasan perencanaan desa wisata.
“Saat ini pengunjung belum dikenakan biaya masuk melainkan hanya sumbangan sukarela, sehingga ke depan perlu dipikirkan adanya biaya masuk untuk operasional pengelolaan serta manfaat ekonomis lainnya bagi masyarakat,” kata mantan Kepala Bappeda ini.

Dalam melihat upaya implementasi pengembangan Desa Wisata di Desa Baha, Ketua Balitbang Suambara didampingi dalam kegiatan tersebut Perbekel Baha, Bendesa Adat Baha serta Ketua Badan Pengelola Desa Wisata Baha. (BTN/bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *