Desa Padangan Tingkatkan Potensi Kopi Robusta

Desa Padangan Tingkatkan Potensi Kopi Robusta

Potensi alam yang ada di Desa Padangan, Kacamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan harus dilestarikan. Bukan di-explore secara berlebihan, tapi justru dijadikan magnet untuk daya tarik. “Desa padangan ini kan potensi kopi robustanya yang luar biasa, sawahnya bagus, perdagangan di sektor ekonomi dan sektor agro juga bagus. Jadi bisa melalui dinas-dinas terkait saya ajak ke sini untuk langsung melihat. Jangan lagi ubah kearifan lokal desa itu, kalau kopinya sudah bagus pertahankan kopinya,” kata Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya saat berkantor di Desa Padangan, Jumat (17/12),

Saat itu, Bupati Sanjaya mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk terjun ke lapangan dan kembali berkantor di desa, sehingga bisa melayani masyarakat dan mendengar aspirasi mereka secara langsung. Sambil melayani kebutuhan masyarakat secara langsung di kantor Desa, Bupati Sanjaya juga memberikan bantuan sembako yang diberikan secara simbolis kepada masyarakat desa Padangan yang terdampak Covid-19. Selanjutnya dengan membonceng Perbekel menggunakan sepeda motor meninjau pengerjaan pengaspalan Hotmix yang sedang berlangsung.

Ia menekankan terhadap 6 kerthi yang harus dijaga dari hulu sampai ke hilir dalam Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Yang intinya berasal dari Tri Hita Karana sebagai implementasi Sat Kerthi, bagaimana manusia menjaga hubungan harmonis dengan Tuhan, sesama manusia dan dengan alam. “Saya sangat semangat untuk berkantor di kantor desa, dan langsung komunikasi dengan kepala desa, tadi saya bonceng kepala desanya untuk lihat hotmix. Sebab saya adalah pelayan masyarakat, yang dilakukan pemerintah kebaikannya akan kembali ke masyarakat,” ujarnya.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan, Bupati Sanjaya berpesan agar masyarakat menjaga fasilitas yang disediakan pemerintah, terutama saat musim hujan agar tidak terjadi banjir yang menyebabkan rusaknya bahan baku aspal jalan. Prioritas kita untuk membangun infrastruktur di seluruh penjuru. Ini juga pasti akan mendorong sektor ekonami, untuk angkut kopi makanan buah-buahan, kalau jalan jelek kan jadi kita akan merugi. jadi apa yang sudah difasilitasi pemerintah, tokoh-tokoh masyarakat di sini yang memelihara,” tambahnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us