Desa Tunjuk Menuju Desa Presisi

Desa Tunjuk Menuju Desa Presisi

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya S.E., M.M memberikan dukungan desa digital sebagai transformasi informasi di era industri 4.0, dengan me-launching Desa Digital pada aplikasi program inovasi Desa Bersama Smart City (Debest) di Balai Banjar Tunjuk Kaja, Desa Tunjuk Kecamatan Tabanan, Kamis (9/12). “Saya apresiasi dan selamat untuk perbekel dan masyarakat Desa Tunjuk, karena telah mampu me-launching Desa Tunjuk menjadi Desa Digital,” kata Bupati Sanjaya.

Sebagai desa yang menggunakan teknologi informatika dalam melayani masyarakat, Desa Digital adalah jawaban atas tantangan di era revolusi industri 4.0. Konsep pembangunan pedesaan dari Desa Digital adalah pemberdayaan masyarakat dengan sarana Teknologi Informasi yang memadai, sehingga dengan hadirnya infrastruktur teknologi informasi yang memadai, masyarakat diharapkan dapat mengakses informasi dengan cepat dan tepat.

Hal ini dapat terwujud dengan didasari semangat inovatif, optimisme yang tinggi dan percaya diri pada masyarakat. Launchingnya Desa Digital, dapat mewujudkan kemandirian dan kedaulatan masyarakat Desa. “Dengan Desa Digital ini, semua aspek kehidupan di desa dan di kota bisa terjadi transformasi informasi, mulai dari ekonomi, politik, hukum, budaya, sosial, pendidikan, pertanian serta kesehatan, sehingga dengan transformasi masyarakat desa kedepan tidak lagi tertinggal oleh informasi, serta mendapatkan pelayanan cukup cepat lewat aplikasi yang dibutuhkan, seperti administrasi dan data yang diinginkan dalam bentuk digital,” ucapnya.

Rasa bangga berulang kali diungkapkan Bupati Sanjaya terhadap Desa Tunjuk, sebab pembangunan ini merupakan bagian dari Visi Tabanan yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Mandiri. “Kenapa desa digital, sebab inovasi ini memang murni dari desa itu sendiri, yaitu mandiri. Inilah yang dimaksud dengan kemandirian di bidang ekonomi, politik dan kebudayaan,” ungkapnya.

Desa Tunjuk disampaikannya, sangat mandiri dalam mempermudah masyarakatnya yang terdiri dari 4800 warga dan 1800 KK. “Mempermudah perekonomiannya, sehingga pengurusan administrasi juga mudah melalui proses digital ini. Sekali lagi, saya berterima kaih kepada Desa Tunjuk dan desa mandiri lainnya di Tabanan, semoga bisa menjadi contoh untuk Desa-desa yang lain sehingga seluruh desa di Tabanan bisa menerapkan Desa Digital,” tutupnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us