Di Masa Pandemi, UKT Taekwondoin Buleleng Digelar Secara Bertahap

Di Masa Pandemi, UKT Taekwondoin Buleleng Digelar Secara Bertahap

Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) taekwondoin Buleleng untuk kali ini sedikit beda, karena digelar di masa pandemi. Seluruh peserta wajib mengikuti protocol kesehatan, seperti mencuci tangan, check suhu dan membersihkan tangan dengan hand sanitizer. “Guna menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), kegiatan UKT dilakukan dalam empat tahap,” kata Sekretaris Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia (Pengkab TI) Buleleng Gede Kusuma Adma Jaya disela-sela kegiatan UKT di Gedung Latihan TI Buleleng, Jalan Tekukur, Kelurahan Kaliuntu, Kecamatan Buleleng, Minggu (12/12).

Gede Kusuma Adma Jaya yang juga bertindak sebagai penguji daerah menegaskan, UKT digelar selama sehari yang dilakukan dalam empat tahap, sehingga tetap bisa menjaga jarak antar peserta UKT. Namun, tidak semua taekwondoin anggota mengikuti UKT kali ini. Ratusan peserta UKT itu berasal dari empat kecamatan yaitu Kecamatan Buleleng, Tejakula, Kubutambahan, dan Kecamatan Seririt. “Mungkin karena pandemi, tidak semua taekwondoin anggota bisa kembali beraktivitas, sehingga tidak semua anggota mengikuti UKT ini,” jelasnya.

UKT kali ini menghadirkan dua penguji. Penguji nasional yang berasal dari Provinsi Bali atas nama Sandias Antonio. Sedangkan, penguji daerah atas nama Gede Kusuma Adma Jaya yang juga merupakan pelatih taekwondo di Kabupaten Buleleng dan Provinsi Bali. Hal-hal yang diujikan adalah gerakan dasar, gerakan lanjutan, hingga teknik sparing. “Jadi tiga itu yang kami ujikan. Hasil ujian diketahui seminggu setelah ujian. Kalau ada remidial akan di laksanakan dalam satu hari di minggu berikutnya,” ucap Kusuma.

Ketua Umum Pengkab TI Buleleng Ida Bagus Gede Surya Bharata mengungkapkan rasa syukurnya karena UKT masih bisa dilakukan dengan lancar walaupun di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Pelaksanaan UKT kali ini merupakan program kerja Pengkab TI Buleleng tahun 2021 untuk kedua kalinya. “Kita berharap hasil dari UKT ini nantinya dapat memacu semangat berlatih taekwondoin Buleleng. Untuk menjadi lebih terampil dan lebih siap menghadapi kejuaraan-kejuaraan di waktu yang akan datang,” pungkasnya. 

UKT kali ini diikuti oleh taekwondoin yang terdiri dari beberapa kyu yaitu sabuk putih, kuning, kuning strip hijau, hijau, hijau strip biru, biru, biru strip merah dan merah. Panitia merasa senang, karena semua peserta telah melakukan UKT dengan menerapkan prokes secara ketat sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us