Di Sini Tempat Makan Lawar Kambing Enak

Di Sini Tempat Makan Lawar Kambing Enak

Jika merasa lapar saat melakukan perjalanan dari Denpasar menuju Karangasem atau sebaliknya, jangan bingung-bingung mencari makanan yang enak dan lezat. Datang dan mampirlah di warung Lawar Kambing yang beralamat di Jalan Kusanegara, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Kalau datang dari arah Denpasar, lalu bertemu perempatan di Gunaksa pililah jalur kanan lalu belok kanan menuju jalan lama ke arah Karangasem. Sekitar 9 meter di sebalah kanan jalan terdapat warung sederhana yang pasti ramai dengan pembeli.

Warung sederhana itu menawarkan paket nasi dengan berbagai jenis menu berbahan daging kambing. Dalam satu paket lengkap terdapat nasi, lawar, sate lilit, sate daging dan gule. Harga dalam satu paket lumayan murah, namun rasa enaknya begitu terasa. Satenya enak, potongan dagingnya besar-besar, dan kalau digigit tidak alot, bumbu kacangnya pas tidak terlalu manis dan tidak juga terlalu pedas. Gulenya sedap, apalagi saat meraskan kuahnya, wow…rasa rempahnya terasa sekali. Kuahnya juga agak keruh, bukan bening, sehingga selalu mengundang selera.

Lawar kambingnya juga sedap, rasanya khas dan sangat menarik. Lawar yang memggunakan bahan kulit kambing yang dipadu dengan biu batu (pisang batu) dan nangka, serta sedikit kacang panjang rasanya sangat pas. Sedikitpun tak terasa amis, malah semakin dimakan semakin ketagihan dibuatnya. Demikian pula dengan sate lilit yang memiliki rasa lezat. Antara bahan daging dan bumbu seakan seimbang karena memiliki tasanya yang sangat seimbang. Dalam satu porsi juga sangat pas di perut.

Minumnya, juga banyak pilihan. Namun, paling banyak dicari adalah teh hangat dan es teh serta jeruk hangat dan es jeruk. Pelayanannya sangat cepat dan ramah. Saat duduk kemudian memesannya, beberapa menit kemudian pelayan langsung datang membawa menu kambing itu, sehingga tak perlu menunggu lama. Pengunjung sangat senang dengan pelayanan para karyawan yang prima. Maka jangan heran, tempat makan ini selalu ramai, karena disamping menyajikan aneka menu yang enak, tempat makan juga sangat indah dengan pemandangan kebun jagung hijau, berlatar kemilau Pulau Nusa Penida diseberang laut biru.

Warung ini akan menjadi lebih ramai pada saat jam makan siang. Meja-meja ditata dengan rapi, bahkan lebih berjarak di masa pandemi ini. Parkrinya juga sangat luas, sehingga bisa menampung banyak pelanggan. “Lawar kambingnya enak banget. Gule dan sate juga enak, tanpa ada rasa amis. Setiap lewat, kami pasti mampir mencicipi menu kambing ini. Jujur, gak pernah bosan,” kata Tut Ker, pria asal Denpasar pemilik Ebano Bali yang mentraktir teman-temannya ketika menuju Karangasem. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us