Diresmikan, Jaringan Irigasi Tersier Desa Nyalian

Diresmikan,  Jaringan Irigasi Tersier Desa Nyalian


Pembangunan jalan usaha tani Subak Bungsing, Desa Bakas Kecamatan Banjarangkan dimulai. Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama anggota DPRD Kabupaten Klungkung Wayan Widiana dengan disaksikan oleh Kepala Dinas Pertanian IB Juanida dan sejumlah anggota Subak Bungsing, Sabtu (3/7).
“Semoga dengan pembangunan jalan usaha tani ini akan dapat memperlancar aktifitas para petani yang akan berdampak pada kestabilan harga harga hasil pertanian. Jalan usaha tani ini pula diharapkan bisa menunjang pariwisata di Desa Bakas yang memiliki potensi alam yang indah. Anggota subak, warga dan prajuru baik adat maupun Dinas supaya bisa berkolaborasi memajukan pariwisata di Desa wisata Bakas, ” ujarnya.
Pembangunan Jalan Usaha Tani Subak Bungsing Desa Bakas sepanjang 1,3 km menggunakan dana DAK sebesar Rp 254 juta. Pembangunan dikerjakan dengan swa kelola, dengan waktu pengerjaan selama 90 hari kerja.
Setelah meninjau pembangunan jalan usaha tani, Bupati Suwirta bersama Kepala Dinas Pertanian IB, Juanida lanjut melakukan peresmian jaringan irigasi tersier di Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan. Peresmian jaringan irigasi sepanjang 3,2 kilometer ini ditandai dengan pemasangan prasasti oleh Bupati Suwirta didampingi Kadis Pertanian IB Juanida.
Bupati berharap dengan keberadaan jaringan irigasi ini, para petani akan semakin dimudahkan dalam pemenuhan air untuk kebutuhan lahan pertanian di Desa Nyalian. Namun Bupati Suwirta mengingatkan kepada warga dan anggota Subak untuk selalu menjaga sungai, saluran irigasi dan lingkungan dari sampah utamanya sampah plastik. Karena sampah yang dibuang begitu saja ke saluran irigasi akan menghambat aliran air dan mengakibatkan kerusakan jaringan irigasi.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us