DPRD dan Bupati Gianyar Sahkan 5 Ranperda Menjadi Perda

Bupati Gianyar I Made Mahayastra menyampaikan apresiasi kepada segenap anggota DPRD Gianyar karena secara bersama-sama telah membahas 5 (lima) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Gianyar Tahun 2022 dan mengesahkannya menjadi Perda dalam Rapat Paripurna Dewan di Ruang Sidang DPRD Gianyar, Senin (18/4). Sebanyak 5 Ranperda yang disahkan menjadi Perda ialah Ranperda tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Kabupaten Layak Anak, Pelindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah, dan Ranperda Pencabutan Atas Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2012 tentang Wajib Daftar Perusahaan.

Bupati Mahayastra mengatakan, persetujuan yang disampaikan oleh dewan merupakan perwujudan legitimasi dewan terhadap suatu kebijakan pemerintah daerah, dan merupakan upaya bersama untuk mengapresiasi aspirasi rakyat Gianyar, yang secara bertahap kita aktualisasikan ke dalam setiap kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar. “Kecerdasan pemikiran berupa masukan, saran dan pendapat, maupun koreksi yang konstruktif pada saat pembahasan materi persidangan, pada hakekatnya adalah perwujudan komitmen bahwa kita semua bertekad ingin berbuat yang terbaik di dalam pengabdian kita untuk Kabupaten Gianyar yang tercinta,” tuturnya.

Adanya kesamaan visi dan misi serta persepsi terhadap tujuan pembangunan dari semua pihak, maka pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan, akan dapat direalisasikan dengan baik sesuai perencanaan yang telah ada. Maka itu, hendaknya berbuat secara totalitas untuk meningkatkan kesejahteraan. “Bila kita hendak berhasil membawa masyarakat Gianyar untuk meningkatkan kesejahteraan, hendaknya secara total kita berpikir dan berbuat dalam kebersamaan untuk mewujudkan harapan dan tujuan tersebut,” tegasnya.

Sebelum, DPRD Kabupaten Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra membacakan pandangan akhir berdasarkan laporan pansus A, Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Keuangan Daerah diharapkan mampu menyempurnakan pengaturan mengenai dokumen penganggaran, yaitu adanya unsur kinerja dalam setiap dokumen penganggaran yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas penganggaran berbasis kinerja, serta mewujudkan sinkronisasi antara perencanaan dan penganggaran yang selama ini masih belum tercapai.

Dengan disahkannya Ranperda menjadi Perda, Gus Gaga berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat mengimplementasikannya dengan baik. “Kami DPRD Kabupaten Gianyar mengharapkan kepada OPD terkait, agar secepatnya mengimplementasikan maksud dan tujuan peraturan daerah ini dengan harapan peraturan daerah ini dapat terlaksana dengan baik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us