“Dusun Bedugul Asri” , Kawasan Wisata Kebun Edukasi dan Rekreasi di Tabanan

“Dusun Bedugul Asri” , Kawasan Wisata Kebun Edukasi dan Rekreasi di Tabanan

Semarak perayaan Pesta Rakyat Dusun Bedugul Asri dalam rangka membangkitkan nostalgia indah suasana alam Desa pertanian bersama keluarga di Dataran Tinggi Bedugul, sungguh mempesona. Dusun Bedugul Asri merupakan kawasan wisata Kebun Edukasi dan Rekreasi keluarga yang tepatnya berlokasi di Banjar Kembang Mertha, Desa Candi Kuning, Baturiti. Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, yang hadir, Jumat, (14/4) memberi apresiasi.

Kebun edukasi tersebut hadir di atas lahan seluas 1,3 hektar, dengan salah satu visi untuk membantu menggerakkan ekonomi lokal dan melestarikan kearifan lokal pertanian hortikultura yang telah berlangsung turun temurun dari generasi ke generasi. “Dengan suasana dusun pertanian terpadu, Dusun Bedugul Asri diharapkan akan membawa suasana nostalgia dusun yang bersahaja, saat berkumpul bersama keluarga atau kolega, maupun sebagai tempat untuk berakhir pecan,” kata Founder & Chairman Dusun Bedugul Asri, Vincentius Lianto.

Dengan cita-cita ingin menjadi berkat bagi sesama Dusun Bedugul Asri menggandeng masyarakat desa setempat untuk bersama-sama menggerakkan ekonomi. “Sekaligus menciptakan ekosistem desa wisata berbasis pertanian bagi turis domestik maupun mancanegara,” ujar Vincentius Lianto.

Kegiatan yang mempunyai tujuan mulia ini mendapat apresiasi dan dukungan dari Bupati Tabanan. “Kami merasa bahagiabisa berbaur dengan masyarakat dalam acara yang penuh dengan nuansa kerakyatan serta semangat pertanian. Hal ini, sangat sesuai dengan visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM),” ucap Bupati Sanjaya.

Dengan adanya Bedugul dengan obyek wisatanya DTW Ulundanu Beratan, juga ada taman edukasi Dusun Bedugul Asri yang sangat diyakini akan mampu mengangkat nama daerah di kancah lokal maupun internasional. Maka, tidak salah didirikan taman edukasi yang mengangkat kembali sejarah dan mengedepankan kearifan lokal serta mengajak petani lokal setempat bekerjasama dalam operasionalnya. “Ini sangat saya apresiasi,” ucapnya.

Selaku pimpinan daerah di Kabupaten Tabanan, Bupati Sanjaya sangat menyambut baik hadirnya tempat yang sangat luar biasa, Dusun Bedugul Asri. “Mudah-mudahan tempat ini menjadi lebih baik dan apa yang telah disumbangkan oleh Pak Vincent ini memiliki tujuan yang sangat mulia yang akan mampu membantu petani-petani lokal disini. Ini yang membanggakan bagi Pemerintah Kabupaten Tabanan,” ujar Sanjaya.

Pemerintah wajib membuka diri melakukan kolaborasi dengan dunia usaha. Bagaimana dunia usaha dan pemerintah sebagai pemegang regulasi serta masyarakat sebagai pemberdayaan untuk melakukan unit usaha. Apabila pemerintah, pengusaha dan masyarakat bersatu, maka akan terwujud masyarakat yang sejahtera, yakni masyarakat yang Aman, masyarakat yang unggul hingga masyarakat yang Madani.

Mudah-mudahan paska pandemi ini, Kabupaten Tabanan yang tetap memegang teguh sektor pertanian sebagai hulu dan pariwisata sebagai bonusnya. “Bolehlah di Kabupaten lain menjadikan sektor pariwisata sebagai tulang punggung, tapi Kabupaten Tabanan tetap pertanian menjadi tulang punggung. Kami tidak ingin memgeksplor wilayah kami menjadi daerah pariwasata yang mass tourism, tapi pariwisata berbasis pertanian yang berkualitas dan menyatu dengan masyarakat sekitar sehingga ada kontribusi untuk wilayah setempat,” pungkasnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us