Ebano Bali Sajikan Tari Damar Kurung, Rejang Amustikarana dan Musik Rentet

Ebano Bali Sajikan Tari Damar Kurung, Rejang Amustikarana dan Musik Rentet

Bagi yang menyaksikan perhelatan Denpasar Festival (Denfes) ke-14 di Pelataran Pasar Badung, Jumat (17/12), pasti terkesima dengan penampilan Ebano Bali. Sekaa seni yang beralamat di Jalan Narakusuma 54 Banjar Sebudi, Desa Tanjung Bungkak, Denpasar itu menampilkan garapan tari dan katawitan yang sangat menarik dan menginspirasi. Sekaa yang didukung anak-anak muda asal Banjar Bengkel ini tidak hanya mengolah gerak tari dan karawitannya, tetapi juga menata busana memanfaatkan kearipan local merupakan ide pendiri sekaligus penanggung jawab sekaa, I Ketut Kertyasa yang akrab disapa Tut Ker.

Perhelatan Denfest tahun 2021 dengan prinsip Nyatur Desa itu, Ebano Bali berkesempatan tampil bersamaan dengan peresmian Patung Ratu Mas Melanting karya dari Putu Marmar Herayukti dan Patung Sang Kala Tri Semaya karya I Nyoman Gede Sentana Putra (Kedux) oleh Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa. Artinya, Tari Damar Kurung persembahan pamungkas Sekaa Ebano Bali itu dielaborasi dengan acara peresmian patung tersebut. “Kami sangat senang dan bangga mendapat kesempatan turut mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar ini,” ucap Tut Ker.

Pria yang merupakan alumnus STSI (kini ISI) Denpasar mengatakan, semula Tari Damar Kurung tarian tunggal yang menggambarkan kebebasan sangat penting untuk perkembangan peradaban. Pada saat gladi, sehari sebelumnya ternyata disaksikan oleh Walikota Jaya Negara yang kemudian mengkolaborasikan tari itu sebagai bagian dari upacara peresmuan Patung Ratu Mas Melanting yang ada di Pasar Badung. “Kami tidak menyangka, Walikota memantau ketika Ebano Bali gladi. Saat itu, beliau memanggil Marmar dan Marmar kemudian menghubungi Anak Agung Gede Agung Rahma Putra untuk mengelaborasi garapan sesuai dengan kebutuhan peresmian,” terangnya.

Atas ide Walikota Jaya Negara, Tari Damar Kurung menjadi lebih manis dan sesuai dengan tema yang diangkat saat itu. Marmar yang menterjemahkan ide tersebut, lalu Gung De Rahma yang mengeksekusi melalui penataan kostum. Hiasan kepala yang semu berbentuk karawista, kemudian dikresaikan menjadi berbentuk hiasan janur yang sangat menarik yang sesuai dengan hiasan kepala pada patung Ratu Mas Melanting. “Kami sangat senang dengan ide Walikota, sehingga garapan menjadi lebih baik. Kami sekaa yang masih baru dapat berkolaborasi dengan Marmar, pembuat patung ogoh-ogoh terkenal dan Gung Gede Rahma Putra merupakan seorang koreografer & pendiri Yayasan Pancer Langit,” ucapnya penuh syukur.

Sekaa Ebano Bali yang dikordinastori Putu Rudy Artana, S.Sn itu menampilkan kesenian Selonding dengan sentuhan modern. Ada tiga garapan seni yang disajikan, yaitu “Rentet” merupakan karya music menggunakan media ungkap gamelan selonding.merupakan karya Rudy Artana. Selanjutnya Tari Rejang Amustikarana, yang idenya dari Amustikarana sebuah sikap ketika melakukan Puja Tri Sandya. Tari ini ditata oleh Mang Mus dan Hadi Mulyawan sebagai penata iringannya. Selanjutnya, Tari Damar Kurung, yang menggambarkan kebebasan sangat penting untuk perkembangan peradaban yang dipadu dengan upacara peresmian patung itu. Tari ini ditata oleh Mang Mus dan Hadi Mulyawan sebagai penata iringannya.

Tut Ker mengaku senang dengan penampilan seni ini. Ebano Bali yang berawal dari menjual fashion aksesoris kepada para wiatawan itu, kini ikut melestarikan kesenian dan memfasilitasi para seniman muda untuk berkreatifitas. Aktivitas berkesenian, memang bukan kali pertama baginya. Sebab, sebelum itu pria lincah yang berprofesi sebagai pengusaha ini juga aktif dalam berkesenian. Ia sempat mendidikan dramatari arja, dan seni lainnya. “Di masa pandemi ini, menjadi moment untuk melestarikan kesenian melalui pembinaan dan pelatihan terhadap generasi muda. Kalau penasaran, bisa saksikan melalui You Tube Kreativi Denpasar & MaxStream,” sebut pengusaha muda ini bersemangat. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us