Evaluasi CHSE dan “Covid-19 Alert Team” di The Nusa Dua

Evaluasi CHSE dan  “Covid-19 Alert Team” di  The Nusa Dua

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bekerjasama dengan One Health Collaboration Center (OHCC) Udayana menggelar Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) Internal Evaluation dan Covid Alert Team (CAT) Inauguration di Wantilan ITDC Kawasan The Nusa Dua, Jumat (12/11). Evaluasi CHSE dan pelantikan ini merupakan rangkaian dari program CAT yang telah dilaksanakan sebelumnya meliputi pembentukan CAT, pelatihan, serta pendampingan pelaksanaan kegiatan di masing-masing hotel peserta program CAT.

Program CAT sendiri merupakan inovasi baru dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan hotel melalui penyediaan panduan dan tata
laksana pencegahan Covid-19 yang mudah diaplikasikan dan diterapkan di lingkungan hotel. Acara yang dibuka oleh WakilDirektur I Poltekpar Bali Drs. I Wayan Mulyana, M.ed, diikuti lima hotel di kawasan wisata The Nusa Dua, yaitu Nusa Dua Beach Hotel and Spa Bali, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Grand Hyatt Bali, Mercure Nusa Dua, dan Courtyard by Marriot Bali Nusa Dua Resort.

CHSE Internal Evaluation dan CAT Inauguration dibuka oleh Wakil Direktur I Poltekpar Bali Drs. I Wayan Mulyana, M.ed, serta dihadiri oleh Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, Dekan Fakultas Kedokteran UNUD Dr.dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes., representative World Health Organization (WHO) Indonesia dr. Mustofa Kamal yang hadir secara online, perwakilan Kepala Dinas Pariwisata dan perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Fasilitator Green Zone Nusa Dua dan Sanur, BTB dan PHRI Bali, Indonesia Hotel Manager Association (IHMA), serta perwakilan CAT dari hotel di The Nusa Dua dan Sanur.

Pelantikan Tim CAT ditandai dengan penyematan PIN bagi perwakilan CAT The Nusa Dua dan CAT Sanur oleh Wakil Direktur I Poltekpar Bali berikut penyerahan sertifikat oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNUD. Sementara evaluasi CHSE dilakukan dengan menyampaikan paparan mengenai hasil monitoring CAT serta hal-hal teknis yang perlu ditingkatkan di masing-masing hotel. “Kegiatan CHSE Internal Evaluation dan CAT Inauguration hari ini menjadi spesial karena dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional dan Ulang Tahun ITDC ke-48,” kata Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita.

Selain itu, kegiatan ini juga bagian dari program CAT yang merupakan kolaborasi ITDC dengan OHCC Udayana dalam upaya memitigasi penyebaran Covid-19 di Kawasan The Nusa Dua. “Kami berharap hal-hal yang sudah didapatkan dalam program CAT ini dapat
diimplementasikan di hotel masing-masing sehingga upaya mitigasi yang telah kita lakukan ini dapat menumbuhkan kepercayaan bagi wisatawan yang akan beraktivitas di The Nusa Dua,” sebut Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita.

Program CAT terbagi dalam 3 tahapan yang berlangsung selama satu bulan dan wajib diikuti oleh seluruh anggota CAT. Tahap pertama, pelatihan dari trainer OHCC Udayana yang meliputi pelatihan modul CAT, pengetahuan dan pemahaman tentang Covid-19, serta pelatihan evaluasi CHSE. Tahap kedua, site visit oleh trainer OHCC Udayana ke masing-masing hotel peserta program untuk melakukan pendampingan pelaksanaan kegiatan, monitoring kegiatan CAT serta memantau pelaksanaan penerapan konsep CHSE. Sedangkan tahap ketiga adalah evaluasi kegiatan CAT serta pelantikan tim.

Koordinator Kajian Pusat OHCC Udayana Dr.dr. Ni Nyoman Sri Budayanti, Sp.MK(K) mengatakan, program CAT ini baik di The Nusa Dua maupun Sanur yang merupakan Green Zone Destination di Bali. “Kami berharap program ini dapat menjadi suatu ikatan antara pariwisata dan kesehatan dalam memitigasi Cobid-19 serta program ini dapat memberikan nilai tambah bagi hotel dan siap untuk menyambut pembukaan pariwisata Bali,” ucapnya.

Program CAT melengkapi sejumlah upaya mitigasi yang telah dilakukan ITDC guna mewujudkan The Nusa Dua sebagai green zone atau kawasan bebas Covid-19 dalam menyambut pembukaan kembali pariwisata Bali khususnya bagi wisatawan mancanegara. Upaya tersebut antara lain, penerapan tata kelola berbasis protokol kesehatan yang tersertifikasi sesuai protokol CHSE untuk kawasan dan tenant, penyelesaian vaksinasi bagi seluruh pekerja di dalam kawasan berikut masyarakat desa penyangga, serta pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi di lingkungan kawasan dan tenant. (BTN/bud)

Selain itu, ITDC juga telah berkolaborasi dengan OHCC Udayana melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen Survey di Kawasan The Nusa Dua yang dimulai pada 30 Agustus lalu dengan durasi selama 2 bulan. Survei ini akan membantu untuk memonitor penyebaran kasus Covid-19 dalam Kawasan serta mendapat rekomendasi yang berguna bagi penguatan upaya mitigasi penyebaran Covid-19 di Kawasan The Nusa Dua. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us