FISIP UPN Veteran dan Pascasarjana Unhas Belajar Pariwisata di Unud

FISIP UPN Veteran dan Pascasarjana Unhas Belajar Pariwisata di Unud

Meski pariwisata Bali tak secerah dulu akibat pandemi Covid-19, namun kemasyurannya tetap memikat daerah lain, bahkan lembaga pendidikan tinggi datang unutk belajar. Sebut saja Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur secara khusus datang ke Pulau Dewata untuk mengorek informasi dan strategi dalam mengembangkan pariwisata.

Romongan FISIP UPN Veteran Jawa Timur ini diterima di Ruang Rapat BM 1 Kampus Fakultas Pariwisata Unud, Kamis (12/12). “Kami hadir di Fakultas Pariwisata Unud untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dalam pengembangan mutu Program Studi Pariwisata,” kata Ketua Program Studi (Kaprodi) Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur, Yudiana Indriastuti yang memimpin rombongan itu.

Yudiana Indriastuti yang saaat itu ditemani sejumlah dosen, diantaranya Leily Suci, Made Bambang Adnyana, dan Puguh Andi Setiawan berharap dapat berkolaborasi dengan Fakultas Pariwisata Unud dalam hal riset bersama, program dosen tamu, dan pengabdian kepada masyarakat bersama. Bali sebagai destinasi dunia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara.

Dekan Fakultas Pariwisata, Dr. Drs. I Nyoman Sunarta, M.Si yang menyambut rombongan FISIP UPN memberikan sinyal, bahwa pertemuan yang dilakukan itu akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antar kedua pihaksecepatnya.

Selanjutnmya kunjungan Pascasarjana Universitas Hasanudin (Unhas) ke Fakultas Pariwisata Unud untuk menjajaki kemungkinan kerja sama terkait pembukaan Program Studi Pascasarjana Pariwisata (S2 Pariwisata) di Unhas. “Kami dari Pascasarjana dalam proses untuk pembentukan Program Studi S2 Pariwisata. Kami yakin Fakultas Pariwisata Unud tempat bagus bagi kami untuk melakukan benchmarking terkait dengan penyusunan kurikulum serta mungkin mencari calon dosen tetap untuk bisa diajak bergabung di Universitas Hasanudin,” ungkap Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas, Prof. Dr. Ing. Herman Parung,M.Eng, Jumat (3/12).

Kemungkinan kerjasama nantinya dalam lingkup yang lebih luas, seperti pengembangan daya tarik wisata bersama pemerintah daerah setempat. “Kami lagi menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Toraja terkait penyusunan blue print pariwisata Tanah Toraja. Pengalaman Udayana lebih banyak dari kami, maka kami harapkan nanti bantuan dari Udayana dalam penyusunan blue print pariwisata tersebut,” sebutnya.

Sebagai tindak lanjut pertemuan ini, kedua pihak akan segera membentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang salah satu poinnya adalah pertukaran dosen. “Kami berharap kedepannya Fakultas Pariwisata Unud bisa mengirim tim dosen terbaiknya sebagai tenaga ahli dalam pengembangan pariwisata di Tanah Toraja.

Dekan Fakultas Pariwisata Dr. Sunarta menyambut baik dan menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi tawaran tersebut. Pertemuan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari kedua belah pihak. Usai pertemuan, rombongan dosen dari Unhas berencana mengobservasi beberapa daya tarik wisata di Bali. (BTN/r/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us