Forkom BPD Buleleng Siap Akselerasi Program Pemerintah

Forkom BPD Buleleng Siap Akselerasi Program Pemerintah

Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (Forkom BPD) Buleleng siap mendukung akselerasi program-program pemerintah. Khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng. “Untuk program BPD di Buleleng siap melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung akselerasi pembangunan,” ucap Ketua Forkom BPD Buleleng Ida Bagus Surya saat melakukan audiensi dengan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di ruang kerjanya, Rabu (12/1).

Utamanya yang berkaitan dengan program-program dari pemerintahan atasan seperti program dari Pemkab Buleleng. Tentu bekerjasama dengan pemerintahan desa. “Mempercepat program-program daripada kabupaten maupun dinas terkait untuk implementasi di masing-masing desa,” jelasnya.

Selain itu, Forkom BPD Buleleng juga menyampaikan rencana pengukuhan. Anggota dari forkom ini adalah BPD dari 129 desa yang ada di Buleleng. Nantinya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Buleleng yang akan mengkoordinasikan. Sehingga, kepengurusan maupun keanggotaan dari forkom BPD bisa dikukuhkan. “Bapak Bupati menyambut baik aspirasi dari kami ini,” ucap Surya.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana sangat mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Forkom BPD Buleleng ini. Dirinya siap mengukuhkan kepengurusan maupun keberadaan dari forkom BPD. Sehingga, forkom BPD bisa menjadi wadah diskusi dan berbagi pikiran antar BPD dari 129 Desa yang ada di Kabupaten Buleleng. “Saya siap mengukuhkan agar organisasi ini bisa terbentuk dengan rapi dan berjalan sesuai dengan fungsinya,” ucapnya.

Mantan Ketua Komisi III DPRD Bali ini juga menyebutkan BPD berperan sangat strategis dalam jalannya pemerintahan di desa. BPD memiliki fungsi pengawasan dalam kinerja kepala desa dan pemerintahannya. Selain itu, BPD juga turut serta dalam perancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (ABPDes) serta peraturan-peraturan desa. Termasuk menampung aspirasi dari masyarakat untuk disampaikan kepada pemerintah desa. “Oleh karena itu, BPD juga memiliki tugas penting dalam pembangunan di desa. Termasuk mengakselerasi program-program dari pemerintah,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala DPMD Nyoman Agus Jaya Sumpena mengungkapkan pihak siap memfasilitasi pengukuhan forkom BPD ini. Namun, sebelumnya forkom ini disahkan terlebih dahulu oleh Bupati juga. Setelah disahkan baru dilakukan pengukuhan. Sehingga, forkom bisa bekerja sebagai wadah dari BPD se-Kabupaten Buleleng. “Forkom BPD ini juga siap untuk melaksanakan apa yang menjadi program bapak bupati di masing-masing desa,” ungkapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us