Garam Kusamba Resmi Bersertifikat IG

Garam Kusamba Resmi Bersertifikat IG

Bupati Suwirta menyerahkan Sertifikat Indikasi Geografis (IG) kepada Kelompok Petani Garam Kusamba diwakili ketua kelompok Wayan Rena di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Senin (17/1). Sertifikat IG untuk Garam Kusamba yang diterbitkan Kementerian Hukum dan HAM sebelumnya diterima Bupati Suwirta dari Gubenur Bali di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar (16/1)2022.

Bupati Suwirta menyampaikan bahwa dengan sertifikat IG ini, garam Kusamba telah memiliki pengakuan sebagai produk tradisional yang khas Desa Kusamba dan tidak ada di daerah lain, baik dari segi tekstur, rasa dan warna. Dengan sertifikat IG, garam Kusamba telah memiliki pengakuan nasional sehingga layak dipasarkan baik di pasar lokal maupun untuk eskpor.

“Semoga dengan sertifikat IG dapat menjadi penyemangat para petani dan munculnya petani muda untuk bersama sama meningkatkan kesejahteraan petani..” harap Bupati Suwirta.

Kepada Kelompok Petani Garam, Bupati Suwirta berharap dapat menjaga dan meningkatkan kualitas garam Kusamba. Perlu juga ada penataan area pembuatan garam agar memiliki daya tarik sebagai tempat kunjungan wisata. Untuk itu, Bupati Suwirta akan menata area pertanian garam ini dipadukan dengan konsep wisata.

Bupati Suwirta mengingatkan Koperasi Lembaga Ekonomi Produktif Pesisir Mina Segara Dana, agar dapat menjaga harga garam yang sudah dilengkapi sertifikat IG sehingga harganya menjadi terjangkau di kalangan masyarakat umum, dan Koperasi harus tetap melakukan pembinaan kepada petani Garam baik dari segi inovasi dan kualitas produksi garam ataupun administrasi keuangan. Untuk diversifikasi produk, agar semua produk garam mencantumkan sertifikat IG.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Suwirta juga menyerahkan bantuan sembako dari dari Perumda Air Minum Panca Mahottama Kabupaten Klungkung kepada Petani Garam Di Desa Kusamba. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Dawan, I Dewa Gede Widiantara, Manager Koperasi Lembaga Ekonomi Produktif Pesisir Mina Segara Dana I Gusti Nyoman Sadi Ari Putra dan para petani garam Desa Kusamba serta instansi terkait lainnya.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us