Gianyar Launching E-Retribusi Kebersihan

Gianyar Launching E-Retribusi Kebersihan

Bupati Gianyar I Made Mahayastra, didampingi Wakil Bupati Anak Agung Gde Mayun, Anggota DPR RI I Nyoman Parta, Anggota DPRD Kabupaten Gianyar Dapil Gianyar, Sekretaris Daerah Made Gede Wisnu Wijaya dan OPD terkait, di Bank Sampah Unit Digital Istri Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Sabtu (23/4/2022) meluncurkan Program E-Retribusi Kebersihan. Launching E-Retribusi dilaksanakan atas kerjasama

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Bank Daerah Gianyar, Bank Sampah Induk Geria Luhu, dan Bank Sampah Induk Mitra Gianyar Bagus meluncurkan Program E-Retribusi Kebersihan, di Bank Sampah Unit Digital Istri Kelod Kangin, Kelurahan Beng, Sabtu (23/4). Kegiatan launching ditandai dengan penyerahan Kartu Tabungan Sampah oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra kepada ibu-ibu rumah tangga anggota Bank Sampah Unit Digital Istri Kelod Kangin dan menunjukkan notivikasi jual-beli bahan daur ulang, serta notivikasi pembayaran E-Retribusi pada handphone.

Bupati Mahayastra mengapresiasi dan sangat mendukung pelaksanaan E-Retribusi Kebersihan ini. Penerapan E-Retribusi Kebersihan ini merupakan langkah terobosan, untuk mewujudkan pemungutan Retribusi yang transparan dan akuntabel. Dengan adanya E-Retribusi Kebersihan ini, diharapkan pengelolaan retribusi semakin tertata, meminimalisir penyimpangan penarikan, membudayakan memilah sampah, gerakan gemar menabung dari hasil jual sampah, dan tentunya peningkatan PAD. “Launcing E-Retribusi Kebersihan di Gianyar, sebagai titik awal di Beng bisa dijadikan percontohan di tingkat nasional,” ujarnya.

Terobosan seperti ini, diharapkan tidak saja diterapkan di perkotaan, namun bisa diterapkan di pedesaan. “Dengan E-Retribusi ini, jual-beli sampah rumah tangga perdesaan dapat difasilitasi menjadi tabungan, rumah tangga bersemangat memilah sampah, pemungutan iuran sampah oleh desa menjadi lebih mudah, dan pendapatan asli desa dapat ditingkatkan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ni Made Mirnawati mengatakan sampai dengan akhir Maret 2022 timbulan sampah Kota Gianyar yang diangkut ke TPA Temesi sebanyak 39,30 ton per hari, yang dihasilkan oleh 13.103 keluarga, Pasar Umum Gianyar, pelaku usaha, dan fasilitas umum seperti perkantoran. Lebih lanjut disampaikan, pada tahun 2021, retribusi kebersihan yang berhasil dipungut baru Rp. 127 juta lebih, itupun hanya retribusi kebersihan dari pedagang pasar, dan jika dibandingkan dengan potensi retribusi masih jauh.

Direktur Utama Bank Daerah Gianyar I Nyoman Widana mengatakan, E-Retribusi Kebersihan ini yang pertama kali diterapkan, merupakan langkah strategis elektronifikasi keuangan yang dilakukan untuk menyentuh ekosistem di masyarakat yang lebih luas. “E-Retribusi Kebersihan merupakan bagian dari upaya untuk mensukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT),” ujar Widana. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us