Harus Bersinergi untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Harus Bersinergi untuk  Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pelayanan kesehatan atau apapaun untuk masyarakat mesti dilakukan bersama secara sinergis. Secara pribadi dan sebagai pimpinan masyarakat Bali Wakil Gubernur Bali Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pengabdian para dokter di garda terdepan pelayanan kesehatan saat pandemi Covid-19 sedang merebak di seluruh dunia.

Seperti yang diketahui bersama bahwa tantangan kesehatan ke depan semakin berat, untuk itu Ikatan Dokter Indonesia(IDI) diharapkan semakin merapatkan barisannya dengan selalu bersinergi dengan pemerintah agar tujuan mulia di bidang kemanusiaan terus dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi, mengingat kebutuhan masyarakat terhadap kesehatan semakin meningkat. Hal ini disampaikan Wagub Cok Ace saat menghadiri Pelantikan Personalia Pengurus IDI Wilayah Bali periode 2021-2024, di Ruang A.A Djelantik Fakultas Kedokteran Udayana Lantai 4, Denpasar, Sabtu (30/10).

IDI merupakan organisasi profesi dokter yang menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan yang memiliki kiprah luar biasa dalam aspek pembangunan bangsa, terutama dalam pembangunan bidang kesehatan yaitu mewujudkan masyarakat yang sehat baik fisik, mental, sosial dan spiritual, sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru yang bertujuan agar krama Bali hidup sejahtera dan bahagia.

Oleh sebab itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat mengharuskan organisasi ini mampu bersaing dengan industri kesehatan global, karena untuk dapat hidup sejahtera dan bahagia maka kunci utamanya adalah masyarakat juga harus sehat.

Untuk itu berbagai upaya di bidang kesehatan terus ditingkatkan mulai dari peningkatan akses dan kualitas fasilitas pelayanan kesehatan, pembiayaan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin, pengembangan industri kesehatan tradisional dan juga pemenuhan SDM kesehatan ke puskesmas dan rumah sakit yang ada di seluruh Bali.

Terlebih Bali yang merupakan tujuan wisata internasional maka peran IDI untuk mengembangkan kompetensi SDM nya agar tidak kalah dengan SDM dari luar negeri dan kami berharap Bali nantinya dapat menjadi tujuan wisata medis atau medical tourism dengan memanfaatkan dokter-dokter lokal Bali yang memiliki kompetensi standar internasional.

“Saya yakin kita bisa, asalkan kita bersatu, bersinergi dan berkolaborasi yang baik maka kita pasti akan menjadi pilihan pelayanan kesehatan oleh masyarakat mancanegara, saya bangga bertemu dengan para dokter yang selama masa Pandemi ini sudah luar biasa perjuangannya demi menjaga kesehatan masyarakat Bali. Dan para dokter adalah pahlawan bagi kita semua karena dengan kerja kerasnya mengorbankan waktu, tenaga dengan segenap kemampuannya dan juga ada yang sampai berkorban jiwa dalam tugasnya menangani pasien covid-19,” ungkap Wagub Cok Ace.

Sementara Ketua umum PB IDI, dr. Slamet Budiarto mengatakan bahwa IDI diusianya yang ke 71 pada bulan Oktober ini, IDI diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan anggota sesuai tujuan IDI didirikan. Dimna harus bisa menjamin anggotanya untuk memberikan layanan yang baik sesuai kode etik dan sumpah dokter, dengan mengutamakan komunikasi dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat sangat penting untuk menghindari miskomunikasi.

IDI adalah organisasi yang harus solid dan kuat, dengan bersatu dan tidak terpecah belah maka tujuan IDI untuk memberikan layanan terbaik dan mensejahterakan anggotanya dapat terwujud, dengan menjaga soliditas dan memperjuangkan soliditas masyarakat dan anggota adalah kepentingan diatas segalanya.

Ketua IDI terpilih Prof. dr. Gede Putra Suteja mengingatkan agar para dokter tetap menjaga loyalitas dan kerjasama antar anggota, sehingga terwujud solidaritas dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap pasien dengan lima (5) nilai dasar kedokteran yakni, Bidang kemanusiaan, Professionalisme, Kesejawatan, Menjadi teladan terhadap masyarakat dan Pengabdian terhadap masyarakat(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us