HFLA Bali Menguji Kemampuan Para Receptionist di Bali

HFLA Bali Menguji Kemampuan Para Receptionist di Bali

Seorang Receptionist tak hanya cukup berpenampilan baik saja, tetapi mesti memiliki kemampuan berbahasa asing, akurasi, dan skill khususnya ilmu pengetahuan pada bidang front office. Selain itu, Receptionist yang unggul akan selalu memperhatikan bahasa nonverbal. Kemudian kemampuan atau cara menghadapi komplain dari pada tamu hotel dalam situasi apapun, mesti harus dipahami serta dikuasai.

Itulah kreteria dalam kompetisi Indonesia Receptionist of the Year 2023 yang digelar Indonesia Hotel Front Liners Association Bali (HFLA Bali) di Kampus Mediterranean Bali – Denpasar (Headquarters), beberapa waktu lalu. Peserta yang hadri, hampir semuanya memiliki kesungguhan dalam menggeluti profesi sebagai seorang Receptionist, seperti lugas berbicara, efektif dan efisien serta ramah dan selalu sopan.

Kompetisi yang digelar selama dua hari itu diikuti sebanyak 51 orang peserta hotel di Bali dan 24 orang peserta mahasiswa dari kampus-kampus di Bali. Kemampuan para Receptionist ini tak hanya diuji dalam writing test, rerapi juga presentation test dan role play. Semua hasil dari point test dijadikan satu, lalu dipilih menjadi satu pemenang utama, first runner up and second runner-up.

Menyaksikan kemampuan para Receptionist itu, dewan juri mengaku kagum dengan kemempuan ana-anak muda di jaman ini. Baik dalam penguasaan bahasa, cara menyapa tamu serta sopan dan ramah dalam melayani para tamu. Maka tak heran, juri-juri itu merasa kebingungan dalam memberikan nilai. “Annual Event ini secara rutin kami lakukan. Tujuannya untuk memajukan generasi muda Indonesia khususnya Dumser Daya Manusia (SDM) Bali,” kata Chairman HFLA Bali, I GNP Yudy Suardana disela-sela lomba.

Para juri ini merupakan para tokoh asosiasi pariwisata seperti PHRI Bali, Bali Hotel Association, IHGMA DPD Bali, AHLI DPD Bali dan praktisi GM hotel di Bali. “Kompetisi ini penting, agar SDM Bali pada dunia pariwisata dari level dasar, yaitu tingkat kampus hingga professional front liner yang sudah bekerja di industry perhotelan dapat
memiliki daya saing berlevel internasional,” paparnya.

Setelah memalui penilaian yang ketat, Dewa Juri akhirnya menetapkan Putu Laura Prayusta (Adiwana Bisma) sebagai Winner Receptionist of the Year 2023. Selain itu, Laura juga memperoleh predikat Best Writing Test dan Best Presentation test. Sementara Kadek Krisna Wijaya (Fivelements Retreat Bali) dinobatkan sebagai Runner Up 1 dan I Putu Jodi Julianta Giri (Adiwana Suweta) sebagai runner up 2. Sedangkan Ni Putu Suciati Darma Ningsih mendapatkan predikat sebagai Best Role Play. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us