IKM Perlu Bekerjasama, Tidak Bisa Jalan Sendiri

IKM Perlu Bekerjasama, Tidak Bisa Jalan Sendiri

“Kualitas produk dan administrasi terkait pemasaran produk tersebut agar disiapkan dengan baik,” pesan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat membuka acara Workshop Pemasaran Digital/online bagi Industri Kecil Menengah (IKM) bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati pada Rabu (13/10/2021). Workshop diikuti 15 IKM “start up” berbagai produk.

Turut hadir, Ketua Dekranasda Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, dan Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Klungkung Wayan Ardiasa, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Klungkung I Made Sudiarkajaya dan para IKM serta undangan terkait lainnya.

Bupati Suwirta dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para IKM yang mampu bertahan ataupun kepada para IKM yang lahir pada masa pandemic. Bupati Suwirta mengingatkan agar intansi terkait dapat membantu IKM yang ada di Kabupaten Klungkung terkait menjaga kualitas Produk IKM.

Kepada para IKM, Bupati Suwirta meminta agar administrasi Produknya dilengkapi terlebih dahulu sebelum mulai dipasarkan kepada konsumen, dan agar pelaku IKM dapat berinovasi terhadap Produknya, serta intansi terkait agar memantau IKM terkait kualitas produk dan memasarkan produk. “Kuatkan produk, sebelum melakukan pemasaran”, Ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta berpesan kepada Bank BPD selaku narasumber agar memberikan arahan mengenai tata cara mengelola keuangan, permodalankepada para IKM, dan Kepada E-Marketplace BaliMall selaku narasumber supaya membantu para IKM di bidang marketing produk dan jangan sering-sering datang hanya untuk melatih tetapi sering-seringlah mengambil produk dari IKM Kabupaten Klungkung.

“Para IKM harus mempunyai semangat wirausaha yang tinggi dan mempelajari perkembangan teknologi yang ada saat ini. Juga membangun kerjasama untuk pemasaran, tidak semua dikerjakan sendiri. Perlu ada IKM yang fokus pada aspek pemasaran,” Pesan Bupati Suwirta kepada para IKM.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Klungkung, I Wayan Sumarta selaku Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Klungkung dalam laporannya mengatakan Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu produk Industri kerajinan di Kabupaten Klungkung, sehingga mampu bersaing dalam pasar lokal maupun internasional dan mampu memasarkan produk melalui media elektronik.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us