Indahnya Taman Laut Pemuteran

Indahnya Taman Laut Pemuteran

Berwisata di Kabupaten Buleleng tidak akan pernah susah mencari tempat wisata yang unik dan menarik. Sebut saja area konservasi laut dengan sistem konservasi koral “Biorock” yang terletak di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali Utara atau sekitar 56 km arah barat Kota Singaraja Konservasi koral “Biorock” ini bahkan sudah mendunia, sehingga wisatawan yang suka menikmati pemandangan bawah laut, pasti memilih tempat wisata ini. Asyik dan sangat indah.

Wisata Bahari Pemuteran merupakan daerah wisata diantara gugusan perbukitan serta hamparan laut utara Bali sehingga membuat daerah ini indah, tenang, jauh dari keramaian. Wilayah Desa Pemuteran terkenal sebagai kawasan dengan konservasi laut untuk proyek terumbu karang artifisal “Biorock” yang terbesar di dunia. “Sebelum pandemi, kawasan wisata Pemuteran ini menjadi tujuan wisata favorit. Wisatawan yang suka tantangan dibawah air, mereka senang dengan wisata jenis ini,” kata Kepala Seksi Pelayanan dan Informasi Pariwisata Dnas Pariwisata (Dispar), Elisabeth Maria Parinussa, Jumat (26/2).

Menariknya, beberapa yayasan beserta masyarakat setempat yang bergerak secara aktif dalam mengelola usaha pelestarian terumbu karang ini. Selain terumbu karang, posisi Desa Pemuteran terletak di pesisir Barat Pulau Bali membuat daerah wisata itu memiliki posisi yang sangat strategis. “Saat pagi ataupun sore hari panorma pantai sangat indah. Duduk-duduk di tepi pantai terasa tenang dan damai. Burung-burung sok akrab mendekat setiap pengunjung,” ucapnya.

Wisata Bahari Pemuteran menyuguhkan taman bawah laut kelas dunia di Pulau Menjangan yang ditempuh sekitar 15 menit dari Pemuteran dengan perahu sewaan. Kegiatan diving dan snorkeling menjadi andalan wisata di sini dengan suguhan taman bawah laut kelas dunia di Pulau Menjangan. Banyak gua besar serta kecil di lokasi bawah laut tersebut dapat ditemui keanekaragaman terumbu karang dalam berbagai tipe dan warna serta biota laut yang lain.

Elisabeth menambahkan, ada yang menarik bagi penyelam yaitu pemandangan Pura (Candi) di tengah laut. Pura bawah laut menjadikan keindahan bawah laut yang unik dan elok dipandang mata. “Untuk bisa ke Pura bawah laut itu, wisatawan dapat menyewa perahu untuk menuju lokasi . Setelah sampai di lokasi tersebut, kedalamannya hanya sekitar 30-40 meter, sehingga sangat tepat dinikmati dengan menyelam,” jelasnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us