“Indonesia Cinta Disabilitas” Apresiasi Pemkot Denpasar kepada Penyandang Disabilitas

“Indonesia Cinta Disabilitas” Apresiasi Pemkot Denpasar kepada Penyandang Disabilitas

Para penyandang disabilitas di Kota Denpasar kini semakin mendapatkan ruang gerak dan keleluasaan dalam berkreatifitas. Banyak momentum dan kegiatan melibatkan para kaum difabel agar mereka bisa leluasa berekspresi. Lihat saja pada kegiatan bertajuk Indonesia Cinta Disabilitas yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui kolaborasi Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Koperasi UKM, pada Kamis (25/8). Kegiatan ini sebagai wujud apresiasi kepada para penyandang disabilitas, untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas, sehingga lebih mandiri, berkarya dan dapat meningkatkan kemampuan yang inklusi agar berkehidupan yang lebih baik.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara digelar di halaman Kantor Dinsos Kota Denpasar ini, masih bernuansakan perayaan HUT Proklamasi RI Ke 77. Selain peluncuran logo Program Indonesia Cinta Disabilitas, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pameran yang mengikutsertakan 15 stand UKM Binaan Diskop UKM Kota Denpasar dan UKM Disabilitas. Pada kesempatan itu, juga menyerahkan secara simbolik bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan berupa (TJSL) 2800 kotak susu dari Alfamart, 2 buah kursi roda dari Krisna Holding Company, dan 1 buah kursi roda dari Dapur Umum Yadnya.

Kepala Dinsos, I Gusti Laxmy Saraswaty selaku panitia mengatakan, indikator pelaksanaan kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas ini adalah masuk dalam ruang lingkup pemberdayaan untuk pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial. “Kegiatan ini dapat terselenggara berkat program TJSL dan dukungan yang telah diberikan oleh para pihak. Mewakili penyelenggara kegiatan, terima kasih tak terhingga kami haturkan untuk support dan perhatian yang sudah Bapak dan Ibu berikan. Hari ini kita juga menyaksikan launching program Indonesia Cinta Disabilitas, dimana kami berharap di tahun berikutnya, program Indonesia Cinta Disabilitas dapat terus terselenggara sebagai wujud apresiasi kepada para teman teman penyandang disabilitas,” jelasnya.

Ny. Antari Jaya Negara mengatakan, penyelenggaraan rangkaian kegiatan ini adalah wujud apresiasi yang baik bagi penyandang disabilitas di Kota Denpasar. Pelibatan kalangan penyandang disabilitas di banyak acara membuktikan bahwa ruang gerak bagi penyandang disabilitas kini semakin luas diberikan. “Aksebilitas, kesetaraan dan kesempatan bagi penyandang disabilitas harus terus menerus kita berikan. Penjaminan akan akses mendapatkan pendidikan yang layak, pelayanan kesehatan serta akses memperoleh kesempatan bekerja tentulah suatu hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh kita,” katanya.

Kepedulian dan kekuatan solidaritas dalam hal pemenuhan hak hak penyandang disabilitas di Kota Denpasar diperlukan untuk mewujudkan Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul). “Maka peran seluruh elemen masyarakat diperlukan untuk mendukung program Pemerintah Kota Denpasar dalam hal pemenuhan hak hak penyandang disabilitas. Untuk itu, terima kasih atas segala upaya dan kerja keras para pihak yang terlibat sehingga kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas ini sudah dapat terselenggara dengan baik,” ungkap Ny. Antari Jaya Negara.

Rangkaian kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas ini, diramaikan dengan penampilan musisi kawakan Bali, Nanoe Biroe yang penampilannya begitu menghibur para hadirin. Tak ketinggalan, beberapa musisi penyandang disabilitas juga turut serta menyumbangkan suara mereka. Rangkaian kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas ini sendiri akan berlangsung hingga Jumat 26 Agustus 2022 serta kegiatan di Pusat Layanan Disabilitas (PLD) oleh Gatriwara yang diisi juga dengan aneka perlombaan, seperti lomba mewarnai, lomba melukis pot, serta lomba merangkai bunga bertajuk life is wonderful. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us