Indonesia Negara dengan Beban TBC Tertinggi Kedua di Dunia

Indonesia Negara dengan Beban TBC Tertinggi Kedua di Dunia

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengikuti acara peluncuran Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis melalui Video Conference bertempat di ruang Video Conference Kantor Bupati Klungkung, Kamis (19/8).
Tuberkulosis (TBC) masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia maupun di Dunia. Berdasarkan Global TB Report WHO 2020, Indonesia merupakan negara dengan beban Tuberkulosis (TBC) tertinggi kedua di dunia. Diestimasikan terdapat 845.000 kasus TBC baru setiap tahunnya dengan angka kematian mencapai 98.000 atau setara dengan 11 kematian/jam.
Situasi ini adalah tantangan kolektif yang membutuhkan perhatian pada aspek sosial dan ekonomi seperti perlindungan sosial, pengendalian kepadatan penduduk, polusi udara, kekurangan gizi, stigma dan diskriminasi terhadap pasien dan keluarganya, serta pencegahan dan pengendalian di transportasi. Intervensi untuk menangani aspek sosial dan ekonomi epidemi TBC membutuhkan penyesuaian paradigma dari penanganan yang berpusat pada pasien secara individu ke konteks sosial yang lebih luas.
Dengan ini, Presiden Republik Indonesia menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis yang bertujuan menjadi acuan bagi Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pemerintah Desa, serta Pemangku Kepentingan lainnya dalam melaksanakan Penanggulangan TBC. Tumbuh Bersama Untuk Indonesia Tangguh Menanggulangi Tuberkulosis(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us