Ini Air Terjun yang Harus Anda Kunjungi di Buleleng

Ini Air Terjun yang Harus Anda Kunjungi di Buleleng

Bagi yang suka jalan-jalan ke desa wisata, cobalah mampir di Desa Wisata (Dewi) Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Desa ini sangat asri, dan memiliki berbagai jenis atraksi wisata menarik. Sekali berkunjung, dapat menikmati berbagai atraksi menyenangkan. Dewi Wanagiri dikelola desa adat, Kelopok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). “Di masa pandemic ini, kami buka dengan menerapkan protocol kesehatan agar pengunjung merasa nyaman,” ungkap Ketua Bumdes Desa Wanagiri, I Made Darsana, Senin (22/11).

Dewi Wanagiri menawarkan berbagai Daya Tarik Wisata (DTW), seperti Air Terjun yang berjumlah 5 buah, yaitu Air Terjun Banyumalla, Air Terjun Banyu Wana Amerta, dan Air Terjun Pucakanik. Desa ini juga dilengkapi dengan home stay, camping ground, kopi wanagiri dan wahana swafoto (tempat selfie). Namun, dari semua atraksi itu, yang menjadi daya tarik pengunjung adalah tempat wahana swafoto dan air terjun yang ada di kawasan hutan yang sangat natural. “Wisatawan sring memanfaatkan ala mini sebagai tempat berselfie,” ucap Darsana senang.

Desa Wisata Dewi Wanagiri ini lokasinya sangat strategis, sehingga mudah dijangkau dari mana saja. Jarak dari Kota Singaraja sekitar 30 kilometer, dan Kota Denpasar sekitar 60 kilometer. Walau Dewi Wanagiri sebagai tempat wisata alam terbuka, tetapi para pengunjung wajib memperhatikan persyarata, yaitu pengunjung dalam kondisi sehat dan selalu memenuhi prokes. “Untuk syarat kesehatan itu penting. Apalagi di masa pandemic ini. Kami tetap menerapkan prokes sesuai aturan yang ditertibkan pemerintah. Kami juga selalu menghimbau pengunjung agar selalu mematuhi prokes agar bisa memutus rantai penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Setelah masa pandemic, Dewi Wanagiri ikut menjalani tatatnan kehidupan era baru dengan menyiapkan faslitas prokes, seperti menyediakan termogun untuk mengujur suhu, tempat cuci tangan, memasang himbauan penerapam 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), serta menyediakan aplikasi peduli lindungi. “Setelah Covid-19 mewabah di tanah air dan Bali, Dewi Wanagiri utamanya wahana swafoto yang ada 4 tempat dan air terjun kami tutup dari Maret 2020. Kemudian dibuka kembali untuk wisata air terjun tanggal 4 Oktober 2021. Sementara wahana swafoto selfie masih belum buka karena menunggu rekomendasi dari Balai Bksda,” ucapnmya.

Dewi Wanagiri mulai mendapatkan SK Pokdarwis tahun 2016 dan langsung dinyatakan sebagai desa wisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng. Desa Wisata Wanagiri bermula dari potensi wisata yang ada di kawasan hutan Desa Wanagiri. Yakni beberapa air terjun yang mempunyai keunikan dan daya tarik yang sangat bagus maka masyarakat desa wanagiri membentuk Pokdarwis untuk mengelola potensi yang ada. “Pengelola Dewi Wanagiri ini bernaung di bawah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sebagai lembaga ekonomi desa yang menaungi pengelolaan potensi sebagai legal formalnya,” jelas Darsana.

Tujuannya agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakan dan pendapatan asli desa seiring berkembangnya potensi wisata desa wanagiri dn juga mulai terbentuk juga beberapa kelompok pengelola wahana swafoto yang berada di kawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang bekerjasama dengan desa adat maka untuk mensinkronisasi potensi yang di kelola desa adat dan desa dinas maka terbentuklah Dewi Wanagiri agar bisa menjadi solusi payung besar dalam pengelolaan potenai desa.

Sebelum pandemic, Dewi Wanagiri dikunjungi wisatawan dari berbagai negara, seperti Cina, Korea, Taiwan, India, Jepang, Eropa, Amerika, Australia, dan beberpaa negara lainnya termasuk juga wisatawan domestik dan nusantara. Namun, setelah pandemi pengunjung sepi, kunjungan wisatawan asing seni, namun masih tetap ada yang hanya pengunjung wisatawan lokal saja. “Masyarakat local yang berkunjung jumlahnya tidak lebih dari 15 sampai 20 persen dari jumlah pengunjung sebelum pandemic,” akunya polos. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us