Ini Destinasi Wisata Baru di Bali Barat. Asyik..untuk Mengisi Long Weekend

Ini Destinasi Wisata Baru di Bali Barat. Asyik..untuk Mengisi Long Weekend

Pernah berwisata ke Teluk Gilimanuk? Kawasan wisata yang berada di wilayah paling barat Pulau Bali itu memiliki atraksi wisata menarik. Teluk Gilimanuk menawarkan pemandangan yang eksotik, karena berhadapan langsung dengan Pulau Jawa. Kawasan ini juga memiliki laut indah, bahkan sebagai pelabuhan penyeberangan yang merupakan pintu gerbang masuk ke Bali dari pulau Jawa. Atraksi menarik yang dimiliki Teluk Gilimanuk adalah naik jukung dan wisata bawa air yang dapat dinikmati melalui kegiatan snorkeling dan diving.

Gilimanuk termasuk dalam Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Fasilitas menuju ke kawasan ini sanat baik, sehingga selalu lancar jika bepergian kesana. Perjalanan dari Denpasar menuju Gilimanuk melalui jalur darat dengan jarak sekitar 130 kilometer atau dengan berkendara sekirtar 3 jam. Dalam perjalanan ke sana, tidak akan merasa bosan dan jenuh, sebab jika merasa jenuh bisa singgah dan istirahat di beberapa destinasi wisata yang dilalui. Sepanjang jalan itu ada tempat-tempat singah yang manarik yang dilengkapi tempat makan dan minum.

Di Teluk Gilimanuk, wisatawan dapat menjelajahi laut itu dengan menggunkan jukung (perahu) alat transfortasi tradisional. Wisatawan bisa berkeliling teluk menyaksikan tanaman mangrove yang asri, Pulau Kalong, Pulau Burung, Pura Prapat Agung, dan Pulau Pasir Putih. dengan perahu ini bisa juga mengunjungi wisata religi, yaitu Pura Segara Rupek. “Layanan penyewaan perahu atau jukung ini disediakan oleh para nelayan. Biaya sewa jukung juga tidak terlalu mahal. Cukup dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp. 120.000-150.000 dengan penumpang sebanyak 8 orang,” kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana, Kadek Mirah Ananta Sukma Dewi, Kamis (11/2).

Atraksi wisata menarik yang ada di Teluk Gilimanuk yakni snorkeling dan diving. Suasana pantai dan laut yang terjaga kebersihannya itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam bawah laut yang begitu indah. Wisatawan juga diberikan kesempatan memilih untuk melakukan aktivitas snorkeling atau cukup dengan berenang di tepi teluk. Bagi yang menyukai kegiatan diving dan fotografi bawah air, bisa juga dilakukan di pantai ini. “Disini merupakan spot primadona bagi fotografer bawah air untuk melihat keanekaragaman hewan bawah air yang mempesona khususnya mollusca (siput laut) yang berwarna warni,” ungkap Mirah berpromosi.

Namun, jika ingin bersantai menikmati keindahan pemandangan juga boleh. Kegiatan wisata di Teluk Gilimanuk bisa juga hanya menikmati ketenangan serta keindahan pemandangan. Suasana yang ada di sini, memberikan rasa nyaman kepada para wisatawan. Wisatawan tidak hanya menemukan pemandangan berupa laut biru dengan ombak yang tenang, tetapi ada pula pemandangan berupa gunung di kejauhan. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us