Ini Kesiapan Armada dan Fasilitas Kesehatan Kota Denpasar Saat Lebaran 2022

Ini Kesiapan Armada dan Fasilitas Kesehatan Kota Denpasar Saat Lebaran 2022

Keberangkatan penumpang mudik di terminal Ubung memang tidak terlalu signifikan peningkatannya. Namun ada beberapa permasalahan yang perlu kita antisipasi bersama pada periode arus mudik dan arus balik yaitu pergerakan penumpang yang menggunakan angkutan umum,” kata Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara sat memimpin apel gelar pasukan kesiapan posko terpadu Lebaran di terminal Ubung, Senin (25/4).

Walikota Jaya negara kemudian mencontohkan, seperti penumpang Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) yang naik di pool kendarannya di Kota Denpasar, angkutan antar jemput antar provinsi (Anjap) yang mengangkut penumpang dari Denpasar dengan cara menjemput langsung dari pintu ke pintu dan kadang kala penumpangnya naik di pinggir jalan. Angkutan Bus Pariwisata tujuan Denpasar yang menuju hotel maupun pusat oleh-oleh yang fasilitas parkirnya tidak memadai serta dapat menimbulkan kepadatan lalulintas.

Disamping itu adanya mudik bareng serta pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat serta kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata Kota Denpasar. “Melihat permasalahan tersebut maka perlu membentuk posko terpadu angkutan Lebaran sebagai bentuk antisipasi dan kepedulian kita bersama dalam mewujudkan keselamatan lalu lintas angkutan jalan di Kota Denpasar dan keselamatan angkutan laut di pelabuhan laut pengumpan lokal serta memantau penerapan prokes di sarana dan prasarana transportrasi maupun pusat-pusat kegiatan di Denpasar,” ujarnya.

Kerjasama yang baik dari semua anggota tim posko terpadu diharpkan dalam menjalankan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Organda dan para operator angkutan agar menyiapkan sarana angkutan yang memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, jajaran Dinas Perhubungan, Pol PP, Dinas Kesehatan, BPBD tetap berkoordinasi bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mengantisipasi keamanan, hingga prokes di pusat-pusat kegiatan Kota Denpasar serta para pengguna jasa angkutan yang melakukan arus mudik maupun arus balik untuk menghindari kasus covid-19 di Denpasar.

Kadis Perhubungan Denpasar I Ketut Sriawan menyampaikan di Kota Denpasar terdapat empat posko angkutan lebaran yakni Pos Uma Anyar, Pos Terminal Ubung, Pos Pelabuhan Sanur, dan Pos Pelabuhan Serangan. “Disampung adanya empat posko tersebut, Dinas Perhubungan juga melakukan patroli di tempat-tempat wisata di Kota Denpasar,” ujarnya.

Ketersediaan sarana angkutan di Kota Denpasar yakni untuk angkutan jalan meliputi angkutan kota 26 unit, AKDP 43 unit, Trans Metro Dewata 105 unit, bus sekolah 14 unit dan kereta kuda 2 unit. Sementara angkutan laut Sanur-Nusa Penida 37 unit, Sanur-Nusa Lembongan 22 unit, Serangan Lombok 6 unit, Serangan-NusaPenida/Lembongan 30 unit.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Jaya Negara bersama Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas, unsur TNI, Kadis Perhubungan Denpasar I Ketut Sriawan, serta Organda menyerahkan Life Jacket dan pelampung kepada perwakilan penyedia layanan angkutan di laut. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pengecekan langsung kendaraan bus Trans Metro dan Bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP). (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us