Ini Paparan Evaluasi Reformasi Birokrasi Kabupaten Klungkung

Ini Paparan Evaluasi Reformasi Birokrasi Kabupaten Klungkung

Reformasi birokrasi berkelanjutan yang diarahkan untuk dapat menggali potensi dan masalah pembangunan sebagai langkah awal upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat, sudah berjalan di Kabupaten Klungkung. Inovasi pada berbagai layanan yang diselengarakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga sudah terus didorong.
Internalisasi budaya kerja sebagai bagian reformasi birokrasi dilakukan dengan menempatkan “leader” sebagai panutan. Demikian beberapa penekanan yang disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat paparan dihadapan Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dalam evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi di Kabupaten Klungkung melalui Video Conference bertempat di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (5/10).

Dalam paparannya, Bupati Suwirta juga menyampaikan mengenai pemerataan pembangunan memiliki konsep yang berbeda, yaitu “Membangun dari titik ungkit. Artinya membangun dari potensi yang ada di Nusa Penida untuk mendorong peningkatan pembangunan dan ekonomi Kabupaten Klungkung. Hal ini diawali dengan menyiapkan infrastruktur dan penataan destinasi wisata dengan konsep “one gate one destination”. Dengan konsep tersebut diharapkan dan optimis ada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang nantinya bermuara pada kemandirian daerah”.

Beberapa pendalaman untuk mengetahui bagaimana implementasi reformasi birokrasi di Pemkab Klungkung ditanyakan oleh Tim RB Kemanpan. Diantaranya perihal peran kepemimpinan dalam penguatan budaya organisasi, upaya Pemda dalam penanganan pandemi covid-19 termasuk pemulihan ekonomi, kebijakan regulasi untuk mempermudah layanan publik serta mekanisme pemantauan kinerja perangkat daerah. Pada bagian akhir disampaikan paparan reformasi birokrasi di dinas sebagai sample yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas PUPRPKP dan Dinas Penanaman Modal PTSP.

Salah satu, Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, ibu Anesia Ribka, mengapresiasi pelaksanaan reformasi birokrasi yang ada di kabupaten Klungkung dan mengharapkan supaya reformasi birokrasi yang sudah berjalan dapat ditingkatkan, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Masyarakat Klungkung.

Kegiatan Evaluasi dihadiri oleh Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra, Inspektur Daerah I Made Seger, Tim RB dan seluruh kepala OPD, serta diikuti secara online oleh ASN di masing masing dinas. (BTN/ery).

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us