Ini Rencana Lokasi Isolasi Terpusat Pasien Covid-19 di Nusa Penida

Ini Rencana Lokasi Isolasi Terpusat Pasien Covid-19 di Nusa Penida

Upaya meredam penyebaran Covid-19 tetap berlanjut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta monitoring rencana penyiapan lokasi Isolasi terpusat pasien covid-19 di Kecamatan Nusa Penida, minggu (15/8).
Monitoring diarahkan ke penginapan Nuansa Nusa Homestay-Batununggul yang rencananya akan dijadikan tempat isolasi terpusat untuk wilayah Nusa Penida dengan kapasitas 8 kamar. Bupati juga mengharapkan partisipasi para pemilik penginapan untuk bersedia membantu pemerintah dalam menyediakan tempat isolasi terpusat.
“Saya sudah koordinasikan kepada Perangkat Desa Dinas dan Adat di Desa Batununggul, dan berharap masyarakat kooperatif membantu pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19, dan agar masyarakat yakin bahwa apa yang dilakukan pemerintah demi kesehatan dan keselamatan masyarakat,” ujar Bupati Suwirta.
Bupati Suwirta selaku Ketua Satgas Covid-19 mengharapkan pasien positif Covid-19 di Nusa Penida yang tidak memerlukan keperluan khusus agar dapat melakukan Isolasi terpusat yang sudah disediakan. Sementara bagi pasien positif Covid-19 yang berkebutuhan khusus dapat melaksanakan isolasi mandiri secara disiplin dengan pengawasan ketat.
Suwirta juga mengunjungi RSUD Gema Santi dan meminta pihak RSUD agar berkoordinasi dengan Tim Satgas di Kecamatan Nusa Penida bersama TNI/Polri untuk bersama sama memberikan pemahaman kepada masyarakat Di Nusa Penida tentang bahaya Covid-19. Memberikan pengertian pentingnya mengikuti isolasi terpusat. Isolasi terpusat tidak hanya mempermudah memberikan layanan kepada pasien covid-19, namun terpenting dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat lebih luas dari bahaya penularan dan mempercepat memutus penyebaran covid-19. Perangkat desa, aparat setempat, satgas, serta semua pihak diimbau untuk tetap melakukan kampanye pengetatan protokol kesehatan. Mulai dari yang sangat mendasar, memakai masker, sering mencucui tangan pada air mengalir, menhghindari kerumunan, tidak keluar rumah kalau tidak penting sekali serta hal lainnya.
Dia juga meninjau salah satu pasien yang melakukan isolasi mandiri, yakni pasangan suami istri Dewa Sayang dan Dewa Ayu Sri Purwaningsih, beralamat Banjar Batununggul, Desa Batununggul. Alasan melakukan karantina mandiri karena memiliki anak kecil. Mereka berjanji melakukan isoman dengan ketat protokol kesehatan sesuai dengan arahan petugas kesehatans etempat, petugas satgas serta aparat perangkat desa. Suwirta pun mengingatkan dan mempertegas agar dapat melakukan isolasi mandiri secara disiplin.

Tanggapan masyarakat sejauh ini positif soal isoter ini. Alasannya karena masih dalam lingkungan Pulau Nusa Penida sehingga mereka tidak merasa jauh maupun merasa terasing. Lagi pula, mereka bisa terhubung dengan sanak keluarga melalui perangkat ponsel serta bisa video call. Satu hal yang menurut mereka yang m sangat diharapkan agar pandemi inis egera berakhir sehingga mereka bisa hidup secara normal. ”kami mendukung uapaya pemerintah untuk mengatasi hal ini,”ujar salah seorang warga desa setempat. (BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us