Ini Skema Penyediaan Air Bersih di The Nusa Dua dan The Mandalika

Ini Skema Penyediaan Air Bersih di The Nusa Dua dan The Mandalika

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC NU) dan perusahaan produsen air PT Perusahaan Air Indonesia Amerika (PAIA) menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) Pembangunan Infrastruktur dan Penyediaan Air Bersih di The Nusa Dua dan The Mandalika, Kamis (11/11). Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama ITDC NU A.A. Istri Ratna Dewi dan President Director PAIA Khairun Nafis bertempat di Gedung Balawista, The Mandalika.

Kerjasama ini bertujuan untuk melakukan pemenuhan kebutuhan air bersih dengan meningkatkan keandalan sistem untuk kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika sebagai pemenuhan dalam Service Level Agreement (SLA) ITDC dan mengontrol pemanfaatan air tanah di dalam kawasan. Penandatanganan PKS juga dilakukan sebagai rangkaian acara peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit oleh Presiden RI pada 12 November 2021.

Berdasarkan kerjasama yang ditandatangani, ITDC NU dan PAIA akan membangun infrastruktur penyediaan air bersih, dimana PAIA akan melakukan investasi unit produksi SWRO 3000 CMD dan instalasi pipa distribusi menuju tenant-tenant di kawasan The Nusa Dua dengan skema kerjasama Build Operate & Transfer (BOT) selama 20 tahun. Sementara untuk di The Mandalika, kerjasama ini meliputi penyediaan air bersih. Kebutuhan air diperkirakan akan mencapai 20.000 m3/hari di The Mandalika setelah kawasan tersebut sepenuhnya dikembangkan. Sedangkan, Kebutuhan air di The Nusa Dua diperkirakan akan mencapai 10.000 m3/hari setelah pandemi berakhir.

Ratna Dewi mengatakan, sebagai anak usaha ITDC yang bergerak dibidang pelayanan utilitas di kawasan pariwisata, akan berupaya untuk terus meningkatkan kelengkapan dan kualitas layanan. Salah satunya melalui penyediaan air bersih yang sustainable dan handal di kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika. “Melalui kerjasama ini, ITDC NU dan PAIA akan memastikan layanan penyediaan air bersih, baik kualitas, kuantitas dan kontinyuitas suplai dapat terpenuhi bagi para pelaku usaha dan wisatawan di kawasan pariwisata The Nusa Dua dan The Mandalika,” ungkapnya.

Ratna Dewi menambahkan, pihaknya menggandeng partner yang mempunyai komitmen yang sama untuk merealisasikan keandalan sistem dan merupakan investor yang sudah berpartner dengan ITDC, mumpuni serta memiliki teknologi dan kekuatan financial untuk investasi dan sudah berkolaborasi dengan ITDC dari awal pengembangan The Mandalika. “Kami juga berharap kerjasama ini akan memberikan manfaat pengembangan usaha yang besar bagi kedua belah pihak di masa yang akan dating,” ucapnya.

Khairun Nafis mengatakan, terjalinnya kerjasama ini, memberikan peluang besar bagi kedua belah pihak untuk dapat meningkatkan penyediaan air bersih dalam jangka waktu panjang, dan melalui penandatanganan perjanjian kerjasama ini. “Kami merasa bangga dan beruntung menjadi bagian dalam event World Superbike 2021 yang dilaksanakan pertama kali di Indonesia dan siap memberikan dukungan secara menyeluruh dalam pelaksanaan penyediaan air bersih di The Mandalika dan The Nusa Dua,” sebutnya.

Penyediaan air bersih yang sustainable dan handal akan melengkapi layanan utilitas di dalam kawasan The Nusa Dua yang telah dikelola oleh ITDC NU seperti project pengolahan air limbah di lagoon Nusa Dua, pengolahan air bersih dan air irigasi, pembangkit listrik tenaga Surya, serta penyediaan neutral infrastruktur dan layanan teknologi informasi dan komunikasi. (BTN/r/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us