Istakari Garap Tari Kebesaran “Istakari Puspa Kencana”

Istakari Garap Tari Kebesaran “Istakari Puspa Kencana”

Ikatan Siswa Tamatan Kokar Bali (Istakari) Sanggraha Budaya Bali tengah menggarap tari kebesaran “Istakari Puspa Kencana”. Tari ini akan disajikan pada Reuni Agung Iskari bertempat di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali pada tanggal 16 Juli 2022. “Acara reuni akan diisi dengan penampilan perdana Hymne dan Mars Istakari dan menyajikan tari kebesaran “Istakari Puspa Kencana”,” kata Ketua Umum Yayasan Istakari Sanggraha Budaya Bali, Drs I Wayan Madra Aryasa MA didamping I Made Sukadha Ketua I usai rapat persiapan di SMKN 3 Sukawati, belum lama ini.

Madra Aryasa mengatakan, tari kebesaran berjudul Istakari Puspa Kencana ini digarap oleh I Gusti Ngurah Giri dan Dewa Selamat Raharja sebagai penata tari, lalu I Nyoman Windha S.Skar, MA sebagai penggarap iringan tari. Sementara Dr. Anak Agung Gede Agung Rahma Putra, S.Sn.M.Sn dipercaya sebagai penata kostumnya. Para penari dan penabuh dipercayakan kepada siswa-siswi SMKN 3 Sukawati. “Kami berharap, tari kebesaran ini dapat memberikan semangat bagi para alumnus Kokar ataupun yang masih menimba ilmu seni di sekolah seni ini. Mudah-mudahan adanya Istakari dapat memberi nafas kejayaan Kokar seperti tempo dulu,” harapnya.

Hymne Istakari telah digarap secara apik oleh I Komang Darmayuda, S.Sn.M.Si sejak persiapan reuni agung pada tahun sebelumnya. Lirik dan melody yang ditata sungguh cantik, selanjutnya melakukan latihan bersama para penyanyi yang dipercaya membawakan saat pelaksanaan reuni. “Hymne dan Mars Istakari ini sangat penting sebagai identitas dari organisasi yang anggotanya seniman ini. Semoga, semuanya berjalan lancar, sehingga lagu ini tak hanya menyatukan kita semua, tetapi juga memberi pesan lewat liriknya,” ujarnya serius.

Acara temu kangen para seniman yang pernah mengasah kemampuan seni di Konservatori Karawitan (Kokar) Bali sengaja direncanakan setelah pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB). Peserta yang hadir diperkirakan sebanyak 500 orang merupakan perwakilan dari masing-masing angkatan. “Reuni Istakari Agung pertama digelar secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) bertempat di ITB-STIKOM Bali. Pada saat itu, kasus Covid-19 masih tinggi-tingginya, sehingga peserta dari luar daearh dan luar negeri hanya bisa mengikuti secara daring. Maka, kegiatan hanya diisi dengan peluncuran buku, seminar kesenian dan peresmian Yayasan Istakari oleh Wakil Gubernur Bali,” ungkap pria asal Tabanan ini. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us