Jadikan Bali Pulau Karantina

Jadikan Bali Pulau Karantina

Adanya pelonggran atau batalnya pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyuarakat (PPKM) Level 3 akhir tahun 2021 lalu, membawa dampak positif buat pengelola hotel di Bali. Sebut saja Ashyana Candidasa Beach Resort di Karangasem, yang mengalami peningkatan hunian hingga 50% pada saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) khususnya periode 24 Deember 2021 – 1 Januari 2022. “Walau dengan tamu lokal Bali dan domestik luar Bali, dengan harga supper diskon hingga 60% dari harga sebelum pandemi, ini jelas bisa membantu cover biaya operasional,” kata Direktur Ashyana Candidasa Beach Resort, Wayan Kariasa Rabu (12/1).

Perayaan tahun baru kali ini, sangat berbeda dari tahun-tahun sebelum pandemi. Saat ini masih dalam suasana pandemi, dan menindaklanjuti Surat Edaran pemerintah, maka kegiatan parayaan diberengi adanya keterbatasan-keterbatasan, sehingga para wisatawan pun juga tidak bisa bebas berpesta. “Kami hanya menyajikan Live Musik dan Karaoke, yang hanya sampai jam 10 malam saja, tidak ada kembang api dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ucapnya serius.

Manisnya kunjungan itu memang sesaat, karena pasca tahun baru kunjungan mulai sangat lesu dan menurun dratis, hingga hanya 5-7% lagi. “Kami berharap kepada pemerintah agar bisa mengundang para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Daerah lain, atau dari kementrian untuk mengadakan kegiatan-kegatan di Karangasem untuk meningkatkan pergerakan ekonomi pariwisata di Bali Timur. Apakah itu program sosilisasi, pelatihan atau event-event, sehingga bisa mengajak mereka menikmati pariwistaa Karangasem, seperti bersepeda, snorkling, diving, trekking serta mengunjungi kearfian lokal, adat dan budaya kita di sini,” mohonya kepada pemerintah.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Republik Indonesia (PHRI) Karangasem ini juga berharap segera Bali di buka untuk International dan jadikan Bali sebagai pulau aman karantina. Bali sudah meemenuhi untuk sebab, masyarakatnya sudah mengikuti vaksinasi pertama lebih dari 100,%, dan vaksninasi kedua sudah sampai diatas 90% bahkan sudah berjalan vaksin anak-anak. “Mengenai fasilitas, kami selalu terkontrol dan terjaga dengan baik. Fasilitas umum, seperti kolam.renang, kebun dan lainnya termasuk pasilitas kamar-kamar, restoran, warung makan dan lainya,” ucapnya.

Untuk berpromosi di masa pandemi, Kariasa mengaku pada periode awal tahun banyak menawarkan paket-paket diskon dan murah untuk menarik minat masyarakat dan wisatawan ke Karangasem. Termasuk pula menawarkan paket-paket wisata. Wisatawan domestik itu lebih suka belinya last minute booking, dan lebih membawa transport sendiri untuk explore destinasi-destinasi di Karangasem, sehingga lebih banyak menawarkan dalam bentuk diskon atau paket kamar, makan dan lainnya. “Kami menunggu pergerakan dari pemerintah untuk membanntu atau mengalokasikan anggaran untuk promosi-promosi digital untuk destinasi-destinasi di Bali Timur ini,” harapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us