”Jana Kerthi” Sasar Pengantin Baru Karangasem

”Jana Kerthi” Sasar Pengantin Baru Karangasem

Setelah pasangan penggantin dari Desa Rendang, kini giliran pasangan pengantin baru Dusun Kawan Desa Muncan Kecamatan Selat Kab. Karangasem, Bagus Utama dan Ayu Melan yang menikmati program inovasi “Jana Kerthi”, Selasa (6/4).”Jana Kerthi ” produk kebijakan dalam bidang administrasi kependudukan ini merupakan salah satu dari pelaksanaan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Karangasem, yaitu Pelayanan Publik yang Prima.

Wabup Artha Dipa didampingi Kadis Kependudukan Dan Catatan Sipil, Perbekel Desa Muncan, Bendesa Adat Muncan, menyerahkan langsung dokumen administrasi kependudukan berupa Akta Perkawinan, KK Baru dan KTP EL kepada mempelai dan keluarganya.

Ia menyebutkan, kini pelayan harus lebih dekat dengan masyarakat. Di masa yang sulit akibat Pandemi ini, Pemerintah harus bisa memberikan solusi, bukan malah mempersulit masyarakat.
“Jika selama ini pelayanan masih dengan pola lama yang cenderung kurang efisien, memakan waktu dan biaya, maka dengan terobosan mewujudkan salah satu Visi kami, Jana Kerthi, masyarakat dapat menikmati kemudahan dalam mengurus berkas administrasi kependudukan,” ucap Artha Dipa.

Sementara itu, Plt. Kadisdukcapil Karangasem, I Made Kusuma Negara menjelaskan, dalam program Jana Kerthi, selain akta perkawinan, dokumen-dokumen administrasi kependudukan yang bisa dicetak di Desa antara lain, akta kelahiran, akta perceraian, Kartu Keluarga (KK) dan surat pindah.

Lebih rinci, Made Kusuma menuturkan mekanisme dari inovasi Jana Kherti yaitu, masyarakat mengajukan permohonan ke kantor desa, difasilitasi oleh Perangkat Desa melalui whatsapp Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Apabila masyarakat ingin mendapatkan akta perkawinan saat melaksanakan perkawinan, permohonan agar disampaikan paling lambat tiga hari sebelum pelaksanaan upacara perkawinan.

“Untuk masyarakat Karangasem, selain pelayan Jana Kerthi, Disdukcapil juga telah menyiapkan pelayan Atma Kerthi. Atma Kerthi, merupakan pelayanan administrasi kependudukan tuntas di Desa, khusus untuk akta kematian,” imbuhnya.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us