Jangan Lengah Penerapan Prokes di Pasar

Jangan Lengah Penerapan Prokes di Pasar

Pengunjung Pasar Tumpah di Kota Denpasar dipastikan untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. Pasar sebagai pusat berkumpulnya penjual dan pembeli mesti melakukan kebiasaan baru yakni menjaga jarak, memakai masker serta membersihkan tangan dengan mencuci tangan atau disinfectant. Karena itu, Tim Yustisi Kota Denpasar rutin melakukan pemantauan penertiban Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di pasar tumpah dan tempat-tempat keramaian lainnya untuk memastikan hal tersebut.

Sebut saja pada Rabu (1/9), Tim Yustisi  melakukan pemantauan penerapan prokes di Pasar Tumpah Pula Kerthi, Pasar Tumpah Gunung Kawi, Pasar Tumpah Jalan Kartini Wangaya, dan Pasar Tumpah Jalan Rijasa. Dari kegiatan itu, sebagain besar pengunjung pasar sudah disiplin dengan penerapan prokes, namun masih ada beberapa yang ditemukan tidak menggunakan masker secara benar. “Dalam kegiatan itu, anggota kami membina 3 orang yang tidak menggunakan masker dengan benar,” kata Kasatpol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Sayoga.

Selama pelaksanaan PPKM Level IV, pasar tumpah memang menjadi fokus perhatian Tim Yustisi ini untuk mengingatkan masyarakat untuk tetap melakukan prokes dalam upaya mencegah penularan Covid-19. Sebab, di pasar itu banyak masyarakat yang datang untuk melakukan transaksi atau berbelanja, sehingga terjadi  kerumunan. Dalam suasana itu, pengunjung pasar terkadang lupa memakai masker, sehingga dapat mengganggu kenyaman pengunjung lain dalam berbelanja. “Kami tetap mengingatkan pengunjung pasar agar tidak  melanggar prokes,” ucapnya.  

Salah satu pengunjung Pasar Tumpah Gunung Kawi, Ni Ketut Sutini tampak hati-hati saat berbelanja di pasar itu. Walau ia sudah memakai masker dan lengkap dengan disinfectant kecil bergelayut di ujung tasnya, namun ia melakukan antre sehingga tidak berjubel di depan pedagang buah itu. Setelah pembeli sebelumnya itu melangkah meninggalkan pedagang, ia kemudian maju memilih mangga. Setelah membayar, ia pun meninggalkan pedagang buah yang ada di pinggir jalan itu. “Saya merasa nyaman berbelanja jika para pedagang ataupun pembeli yang memakai masker. Saya biasa antre, untuk mengurangi kerumunan,” ujar wanita itu serius.

Penertiban PPKM Level IV dilaksanakan dengan kegiatan mobiling Tim Aman Nusa oleh Regu Induk Aktif pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Denpasar bersama dengan Tim dari Polresta Denpasar, Kodim 1611 Badung dan Dishub Kota Denpasar. Selama penertiban secara mobiling itu, Tim Yustisi juga mengedukasi  masyarakat  agar selalu mentati prokes sebagai kunci utama dan sangat efektif dalam menekan penyebaran Covid-19. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us