Jegog dan Kain Tenun Jembrana di Mata Jokowi

Jegog dan Kain Tenun Jembrana di Mata Jokowi


Jokowi senantiasa menyita perhatian. Presiden RI Joko Widodo melakukan lawatan ke Kabupaten Jembrana, Kamis (2/2/2023) sore usai meresmikan Bendungan Tamblang di Singaraja.
Di Pasar Melaya, Jokowi disambut Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Fokopimda.
Kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut juga disambut sangat antusias warga Kabupaten Jembrana yang berjejer disepanjang jalan. Presiden Jokowi menyerahkan bantuan sembako sebanyak 246 paket dan 20 pedagang yang mendapatkan BLT.
Setelah itu melakukan kunjungan ke Sentra Tenun Jembrana.
Kehadiran Jokowi disambut ribuan warga dan musik Jegog. Dilanjutkan meninjau para penenun menenun songket.
Jokowi menyampaikan terimakasih atas sambutan yang antusias dari masyarakat Jembrana dan Bupati juga jajaran Forkopimda Jembrana.
“Saya menyampaikan terimakasih atas sambutan hangat masyarakat Jembrana yang baru pertama kali saya kunjungi. Saya menghargai apa yang dilakukan Bupati untuk mengembangkan tenun, songket. Ini sehubungan dengan industri kecil. Dan kita mendorong industri kreatif. Apalagi setiap Selasa ada himbauan menggunakan endek Bali sehingga ini bisa melestarikan kain Bali,” jelasnya.
Terkait pengecekannya di pasar rakyat-Melaya, Jokowi menilai harga masih stabil khususnya harga minyak. Sementara harga beras mengalami sedikit kenaikan. Ini yang harus diantisipasi agar tidak terjadi inflasi. “Jangan sampai mempengaruhi inflasi,” jelasnya.
Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang sudah menyukseskan kedatangan Presiden Jokowi ke Jembrana.
“Mulai dari Pasar Melaya, pak presiden sangat senang. Keharuan masyarakat bertemu presiden tercinta sampai membuat histeris. Demikian juga sampai di Sentra Tenun, pak Presiden terus menyampaikan terimakasih. Beliau mengapresiasi pelestarian tenun dan jegog.
Bahkan kami akan diundang ke Jakarta. Tapi belum tahu kapan.
Kami juga berharap ada perhatian untuk Jembrana yang PAD nya masih kecil. Semoga ini awal dari kemajuan Jembrana,” pungkasnya. (BTN/Denpost/120)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us