Kader Kesling Desa Singapadu Dikukuhkan

Kader Kesling Desa Singapadu Dikukuhkan

Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengukuhkan kader kesehatan lingkungan, sekaligus Peresmian Bank Sampah Asri dan melaunching Puspa Aman Desa Singapadu, Jumat (21/10). Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam menjamin kesehatan masyarakat di Gianyar. “Keseimbangan antara lingkungan dan manusia akan mewujudkan lingkungan yang baik sehingga tercapai kondisi yang bersih, sehat, nyaman dan aman serta terhindar dari gangguan berbagai macam penyakit,” kata Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra.

Guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat juga perlu didukung dengan penggunaan teknologi ramah lingkungan, sistem penanganan dan pengelolaan sampah yang baik serta budaya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Dalam rangka mengatasi permasalahan sampah tersebut, maka perlu dilakukan pengelolaan sampah secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir, agar dapat memberikan manfaat secara ekonomi, mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan menjamin kelestarian alam dan lingkungan serta dapat mengubah perilaku masyarakat. “Kabupaten Gianyar telah melaksanakan secara serius, seperti pengelolaan sampah dari sumbernya, penataan dan proses penanganan sampah berupa sarana prasarana sampah dari sumber sampai ke TPA,” ujarnya.

Selain itu, keberadaan Bank Sampah Asri Desa Singapadu merupakan salah satu bentuk upaya masyarakat dalam memperbaiki sistem pengelolaan dan teknologi pengolahan sampah yang dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah khususnya Gianyar sebagai tempat pariwisata dunia. “Bank Sampah sangat diharapkan menjadi garda terdepan pengelolaan sampah. Selain itu, saya yakin, bank sampah secara perlahan akan mampu mengubah mindset masyarakat tentang sampah, dari semula sebagai sumber masalah menjadi sumber penghasilan,” harap Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra.

Istri Bupati Gianyar tersebut juga sangat mengapresiasi masyarakat Desa Singapdu karena berpartisipasi dan mendukung program inovatif yang dikembangkan TP. PKK Kabupaten Gianyar, Puspa Aman. Program ini penting dilakukan guna mempercepat penganekaragaman pangan dan memantapkan ketahanan pangan masyarakat. “Dengan Program Puspa Aman ini, kita berkeyakinan dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat guna membentuk pola konsumsi pangan yang baik, menurunkan angka kemiskinan melalui kegiatan padat karya, membantu penanganan daerah rawan stunting serta daerah rentan rawan pangan, dan menjaga inflasi tetap rendah dan stabil,” tandas. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us