Kapan Terakhir ke Danau Buyan?Kini tambah Cantik Lho..

Kapan Terakhir ke Danau Buyan?Kini tambah Cantik Lho..

Belum pernah berwisata ke Daya Tarik Wisata (DTW) Danau Buyan? Sekali waktu berkunjunglah ke destinasi yang terletak di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Suasananya seger banget. Diareal sekitarnya ada banyak tanaman kebun para petani, seperti strawberi, wertel, dan jenis sayur lainnya. Ada pula tanaman besar sebagai penyangga air. Atrakti wisata yang ada juga menarik, naik pedau mengelilingi danau.

Danau Buyan merupakan satu dari tiga danau kembar yang terbentuk di dalam sebuah kaldera besar dan diapit oleh dua danau lainnya, yaitu Danau Tamblingan di sebelah barat dan Danau Beratan di timur. Kawasan danau ini sering dipilih sebagai tempat berwisata, khususnya bersama keluarga. Anak-anak muda, biasa memancing ikan serta aman untuk menggelar kegiatan kemah.

Desa di kawasan ini memiliki berbagai macam potensi, baik itu dari segi hasil pertanian dan perkebunan yang tentunya tidak luput dari potensi pariwisata. Melihat kondisi potensi-potensi itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melakukan berbagai upaya demi mewujudkan Sapta Pesona di daerah Danau Buyan ini. Salah satunya merenovasi toilet yang hampir rampung dikerjakan. “Ini bagian dari mewujudkan destinasi berkualitas,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Made Sudama Diana, S.Sos, MM disela-sela serah terima hibah sarana dan prasarana dari Kemenparekraf RI dan diskusi kecil di Danau Buyan, Kamis (17/12) lalu.

Kadis Sudama Diana yang didampingi Kabid Destinasi, Ketut Suteja, SE menyampaikan, terkait dengan beberapa aset yang ada di Danau Buyan sebaiknya dikerjakan secara maksimal. Perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik dengan tujuan untuk melancarkan program kerja lebih lanjut. Dengan begitu tidak ada lagi program-program yang tertunda.

Direktur Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Regional II Kemenparekraf/Baparekraf RI, Wawan Gunawan megatakan, jika diberikan kesempatan di tahun 2021, maka proyek-proyek renovasi seperti ini akan terus dikerjakan. “Hanya saja penataan yang maksimal mengingat ada sekitar 21 point yang mesti diperhatikan, sehingga tercipta kenyamanan wisatawan dan bermanfaat bagi yang berkunjung ke Danau Buyan demi kesejahteraan masyarakat setempat,” ucapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us