Karya Nyatur di Pura Dalem Surya Banjar Tegal Kuning

Karya Nyatur di Pura Dalem Surya Banjar Tegal Kuning

Krama Banjar Tegal Kuning, Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung menggelar upacara Karya Nyatur di Pura Dalem Surya Banjar Tegal Kuning bertepatan dengan Hari Raya Saraswati, Sabtu (26/3). Upacara dipuput oleh Jero Mangku Dalem Surya Sembung Sobangan, dan dihadiri oleh Bupati Badung yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda), I Wayan Adi Arnawa.

Upacara Karya Nyatur di Pura Dalem Surya di Banjar Tegal Kuning, Desa Bongkasa Pertiwi sudah berjalan dengan lancar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung memberikan apresiasi dan senang pelaksanaan karya berjalan dengan baik. ”Dengan terlaksananya upacara ini, kami Pemkab Badung ikut senang, dan mendoakan sekaligus menyaksikan pelaksanaan upacara Karya Nyatur ini sudah berjalan dengan baik. Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya upacara ini, kita semua diberikan kesehatan, keselamatan dan kerahayuan,” harap Sekda Adi Arnawa.

Dalam keadaan situasi pandemi Covid-19, Sekda Adi Arnawa minta kepada semua masyarakat di wilayah Badung khususnya di Desa Bongkasa Pertiwi agar tetap menjalankan protokol kesehatan. “Saya juga mengajak semua masyarakat khususnya di wilayah Badung, untuk tetap menjaga dengan baik persatuan dan kesatuan sesama masyarakat,” pintanya.

Manggala Karya I Wayan Martana mengatakan, pemaksan Pura Dalem Surya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Sekda Badung beserta jajaran yang sudah ikut hadir untuk menyaksikan upacara Karya Nyatur ini. “Hari ini kami sedang melaksanakan upacara pecaruan, dan puncak karya dilaksanakan pada Rahina Buda Kliwon Wuku Sinta tanggal 30 Maret 2022. Upacara yadnya ini sudah dilaksanakan mulai dari rahina Wrespati Pahing, Wuku Dukut tanggal (17/3) yang lalu,” paparnya.

Setelah puncak karya besoknya pada rahina Wraspati Umanis Wuku Sinta tanggal 31 Maret akan dilaksanakan upacara metatah yang diikuti 25 orang, dilanjutkan pada rahina Sukra Pahing Wuku Sinta tanggal 1 april dilaksanakan upacara mepetik sebanyak 14 orang. Sebelum puncak acara Ida Bhatara melasti/mesuci di pantai Batu Bolong. Karya akan mesineb pada rahina Saniscara Pon Wuku Sinta tanggal 2 April mendatang,”terangnya.

Seusai melakukan persembahyangan bersama dengan masyarakat setempat, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menyerahkan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sebesar Rp 225 Juta yang diterima Manggala Karya I Wayan Martana. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us