Ke Dokter Gigi Saat Pandemi

Ke Dokter Gigi Saat Pandemi

Bagaimana prosedur kita periksa gigi atau ke dokter gigi saat pandemic? Tentu yang mendasar dulu adalah terapkan protocol kesehatan 3M dalam kehidupan. Memakai masker, menjaga jarak atau menjauhi kerumunan serta sesering mungkin mencuci tangan. Selain, tentu saja, sudah menjalani vaksinasi Covid-19, tahap pertama sampai tahap kedua.

Memang ada semacam imbauan agar para dokter gigi tidak mengambil tindakan seperti mencabut, membor, menembel dan sebagainya karena sangat berisiko terhadap penularan virus. Hanya pemerian obat untuk mengurangi rasa sakit. Itu terjadi ketika virus Covid-19 tengah mengganas. Hal ini diutarakan drg. Ayu Made Dwisanti M, staf nakes di UPT Kesmas Gianyar I, Kabupaten Gianyar. Imbauan itu dating dari PB PDGI serta asosiasi terkait lainnya.

‘’Hal ini untuk melindungi dokter gigi dari paparan virus  itu,’’ ujar alumni FKG Universitas Airlangga, Surabaya ini. Banyak dokter gigi yang telah menjadi korban disamping para naker lainnya. Hal inilah yang mendasari kebijakan tersebut. Seiring waktu, saat kasus cenderung menurun maka langkah yang diambil mulai melakukan tindakan. Tentu saja dengan mempersiapkan diri dengan Alat Perlindungan Diri (APD) Level 3, serta perangkat lain yang menunjang seperti keberadaan tempat cuci tangan, hand sanitizer, thermo gun, exhaust fan, sterilisator ruangan dan lainnya.

‘’Yang jelas, saat ke dokter gigi, atau periksa gigi, pasien harus sehat. Soal ini mesti terbuka dengan dokternya. Kalau kondisi tidaks ehat, tunda dulu periksa gigi,’’ ujarnya. Ada form yang mesti diisi, atau paling tidak mengatakan secara ringkas kondisinya. Pasien datang mesti cuci tangan dan diukur suhu tubuhnya serta menjelaskan kondisinya secara jelas dan jujur.

Periksa gigi dalam kondisi pandemic memang berisiko namun kalau dilakukan dengan protap serta prokes yang ketat maka akan berjalan lancar. Mesti ada komunikasi yang baik dan jujur antara dokter dengan pasiennya. Para nakes tentu tidak bisa sembunyi dari pelayanan yang mesti mereka berikan sesuai marwah profesinya.

Buatlah perjanjian terlebih dulu sehingga tidak terlalu lama menunggu kalau ke tempat praktek swasta. Datang lebih awal kalau ke puskesmas atau rumah sakit. Dan, selalu, terapkan 3M.

Hampir dua tahun pandemic Covid-19 membekap dunia. Selama itu pula berbagai cerita sedih terjadi di hamper seluruh belahan benua. Pandemi yang berawal di Wuhan, Tiongkok itu sampai kinipun belum diketahui kapan pastinya berakhir. Di kalangan pakar, manusia di planet ini dianjurkan untuk berdamai serta hidup berdampingan dengan wabah ini karena tidak akan pernah lenyah. Menjadikan pandemic inis ebagai endemic, merupakan sebuah tantangan.

Tidak hanya di kalangan tenaga kesehatan, tetapi juga di semua lapisan masyarakat. Angka kasus yang cenderung meandai saat ini belum jaminan seratur persen akan benar benar aman.  Maka dari itu, pemerintah lewat para nakes, pejabat public, figure public, pemuka masyarakat, pemuka agama dan sebagainya selalu tetap mengkampanyekan penerapan prokes ketat. Selalau menjalankan 3M, memakai masker kalau keluar rumah, hindari kerumunan serta sesering mungkin cuci tangan. Langkah ini tentu disinergikan dengan pelaksanaan vaksinasi serta penertiban yang tidak kenal lelah dari para petugas Satgas Covid-19.

Saat ini, terutama di Bali, ketika Lvel PPKM diturunkan dari Level 4 ke Level 3, beberapa tempat public mulai ramai. Mall, supermarket, bioskop dan bahkan rumah sakit, klinik, praktek dokter juga mulai ramai. Beberapa yang disebutkan terakhir ini juga mulai ramai dkunjungi pasien yang dulunya masih takut karena kasus Covid sedang ganas ganasnya. Jadi, tidak hanya ke dokter gigi, ke dokter spesialis apapaun protocol kesehatan itu mesti diterapkan.  Juga ke tempat tempat umum lainnya yang kini mulai dibuka. Tetap jaga kesehatan, lindungi diri, keluarga dan orang lain. Terapkan 3M, Vaksin serta undur aplikasi PeduliLindungi.  (BTN/pal)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us