KI Bali Masih Sisakan Penyelesaian Sengketa Informasi

KI Bali Masih Sisakan Penyelesaian Sengketa Informasi

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Bali I Gusti Agung Widiana Kepakisan beserta jajaran bertemu dengan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Senin (25/1). Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Tamu Kantor Wakil Gubernur itu, Widiana Kepakisan menyampaikan berakhirnya masa kepengurusan KI Provinsi Bali Masa Bhakti 2016-2020.

Ia menyebut, masa kepengurusan KI Provinsi Bali masa bhakti 2016-2020 sebenarnya telah berakhir 4 Juni 2020 lalu, namun diperpanjang 6 bulan hingga 28 Januari 2021. Karena terkendala pandemi yang membatasi ruang gerak, KI Provinsi Bali Masa Bhakti 2016-2020 masih menyisakan sejumlah pekerjaan rumah terkait penyelesaian sengketa informasi.

Dalam lima tahun masa kepengurusan, Widiana kepakisan beserta anggotanya telah melaksanakan sejumlah program yang berkaitan dengan upaya mewujudkan keterbukaan informnasi publik. Program tersebut antara lain monev badan publik terkait dengan indeks keterbukaan informasi publik. Dari 800 lembaga publik yang telah dimonev, 90 diantaranya mendapat oerdikat informatif.

Menanggapi apa yang disampaikan Widiana Kepakisan, Wagub Cok Ace yang didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Kominfos Bali Ida Bagus Ketut Agung Ludra menyampaikan bahwa tunggakan pekerjaan dalam sebuah kepengurusan adalah sesuatu yang wajar. “Bisa jadi karena force majeure atau alasan lain,” ucapnya. Untuk itu, ia memandang perlu adanya SOP terkait pelimpahan tugas yang belum kelar kepada kepengurusan yang baru.

Dalam kesempatan itu, Wagub Cok Ace menyampaikan terima kasih kepada jajaran pengurus KI Provinsi Bali masa bhakti 2016-2020 karena telah bekerja dengan baik. Wagub Cok Ace menyebut, salah satu tantangan dalam keterbukaan informasi publik adalah keberadaan media sosial yang menyebarkan informasi dengan sangat cepat. Seringkali, informasi yang seharusnya belum boleh disebar, sudah duluan ada di media sosial.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us