Kini Saatnya Menikmati Keindahan Pantai Pandawa

Kini Saatnya Menikmati Keindahan Pantai Pandawa

Meski tahun baru telah berlalu, tetapi Pantai Pandawa masih diminati kunjungan oleh wiatawan. Sebut saja pada akhir pekan, Minggu 9 Januari 2022 kunjungan wisatawan terus mengalir. Suasana siang hari di pantai berpasir putih itu cukup ramai. “Seminggu setelah tahun baru, kunjungan wisatawan ke pantai yang terletak di Desa Adat Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung itu masih ada. Wisatawan yang berasal dari kota-kota di Pulau Jawa, dan mereka yang masih tinggal di Bali melakukan perjalanan wisata ke Pantai Pandawa,” ucap Manager pengelola Wayan Letra, Minggu (9/1).

Selain jalan-jalan di areal pantai untuk merasakan halusnya pasir putih, wisatawan yang berkunjung tak mau melewatkan waktunya untuk menikmati atraksi wisata bahari tang ada di sana. Sebut saja permainan kano, snorkeling, coral planting dan lainnya. Layanan wisata shuttle untuk mempasilitasi pengunjung berkeliling di kawasan pantai juga ramai peminat. “Pantai Pandawa juga menawarkan atraksi budaya berupa pertunjukan Tari Kecak Api yang dipentaskan berdasarkan bookingan. Di masa pandemi ini, kami belum bisa melakukan pementasan regular karena pariwisata belum normal betul,” ungkapnya.

Direktur Utama BUMDA Desa Adat Kutuh selaku pengelola DTW Pantai Pandawa, Ni Luh Hepi Wiradani pada wawancara sebelumnya mengatakan, libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang lalu, kondisi kunjungan wisatawan ke Pantai Pandawa memang meningkat. Kunjungan wisatawan mulai ramai sejak 24 Desember 2021. Hal itu terus berlanjut hingga dipenghujung tahun 2021 hingga awal tahun 2022. “Jika dirinci, kunjungan wisatawan pada tanggal 31 Desember 2021 itu sebanyak 3.729 orang, kemudian meningkat pada tahun baru, 1 Januari 2022 yang mencapai 10.233 orang. Namun, kesokan harinya, 2 Januari 2022 itu hanya 4.493 orang saja,” ucapnya.

Menjelang tahun baru, mamang ada kegiatan khusus berupa Festival Pantai Pandawa dan Pameran Bonsai tingkat nasional. Kemudian dilanjutkan dengan paket Hallo Pandawa 2021 yang mampu menarik kunjungan wisatawan. Kunjungan wisatawan ke Pantai Pandawa di dominasi oleh wisatawan domestik yang senang dengan atraksi wisata air, seperti snorkeling, diving, kano, dan paralayang. “Aktivitas penduduk yang dulunya menggeluti profesi sebagai petani terumbu karang dan nelayan, kini beralih dengan kegiatan penanaman terumbu karang juga menjadi atraksi menarik,” sebutnya.

Selama buka termasuk pada saat festival, pengelola DTW Pantai Pandawa menerapkan tatanan kehidupan era baru dengan melaksanakan penerapan protokol kesehatan (prokes) sesuai dengan standar yang berlaku. Setiap yang datang wajib memakai masker, mencucui tangan sebelum ke areal pantai dan tetap mengatur jarak. Jam operasional ke Pantai Pandawa diatur ketat hanya sampai pada pukul 19.00 Wita. “Kami berharap pemerintah selalu mempertimbangkan untuk adanya beberapa kelonggaran terhadap para wisatawan yang akan berkunjung kembali ke Bali. Hal itu, guna meningkatkan minat kunjungan ke Bali, namun tidak lupa selalu mentaati aturan prokes yang berlaku,” harapnya.

Menurutnya, DTW ini tak hanya menyajikan berbagai atraksi wisata bahari, tetapi juga sebagai pusat pengembangan terumbu karang. Sekali berwisata akan bisa menyaksikan panorama alam dan aktivitas budaya yang sudah dilakukan secara turun temurun sejak lampau. Di sisi-sisi tebing terdapat goa yang ditempatkan tokoh Pandawa dalam Kisah Mahabharata. Wisatawan mengenal pantai berpasir putih ini dengan sebutan secret beach karena letaknya tersembunyi di balik perbukitan. Dari atas bukit, wisatawan bisa melihat keindahan birunya air laut. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us