Koferensi Internasional Bahas Dimensi Hukum Bersinggungan dengan Aspek Pariwisata

Koferensi Internasional Bahas Dimensi Hukum Bersinggungan dengan Aspek Pariwisata

Dimensi hukum yang bersinggungan dengan beberapa aspek lain, khususnya ekonomi dan pariwisata dibahas habis pada konferensi internasional tentang Hukum, Ekonomi, dan Pariwisata di Hotel Grand Inna Bali Beach, belum lama ini. Konferensi yang digelar Fakultas Hukum Universitas Udayana (Unud) itu secara khusus memberikan wawasan tentang analisis ekonomi terhadap hukum dan aspek hukum pariwisata.

Artinya, penyelesaian permasalahan hukum harus melibatkan metode, prinsip, dan teori-teori ekonomi dan pariwisata. Hal ini sejalan dengan fungsi hukum sebagai mekanisme integrasi. Konferensi yang berlangsung selama 1 hari penuh itu juga menekankan kepedulian Fakultas Hukum Unud dalam mendorong pendekatan interdisipliner dalam pendidikan tinggi hukum.

Konferensi itu, menghadirkan pembicara dari akademisi dan praktisi dari 4 negara dan dari 3 Benua berbeda, seperti Prof. Andrew D. Mitchell dari Monash University Australia, Associate Prof. Mariko Hattori dari Yamaguchi University Japan, Anna Lucia Berardinelli dari Kantor Pengacara di Brazil dan 2 guru besar Fakultas Hukum Universitas Udayana, yakni Professor Ida Bagus Wyasa Putra dan Professor Ni Ketut Supasti Dharmawan.

Selain narasumber tersebut, konferensi internasional ini juga menghadirkan 20 pemateri dari Fakultas Hukum Unud yang berasal dari 8 konsentrasi di Fakultas Hukum dan 4 pembicara mahasiswa dari 4 Program Studi Hukum, terdiri dari Program Sarjana Hukum, Magister Hukum, Program Kenotariatan dan Program Doktor. Sementara sebagi peserta merupakan dosen dan mahasiswa jurusan Hukum, Peneliti, Praktisi Hukum Pejabat pemerintah dan khalayak umum.

Konferensi dilakukan secara hybrid (kombinasi online dan offline). “Konferensi itu diikuti sekitar 100 peserta yang hadir secara offline dan sekitar 800 peserta yang tergabung secara online. Konferensi ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan bagi terciptanya kerjasama internasional yang melibatkan Fakultas Hukum Unud dengan institusi dan lembaga-lembaga yang terafiliasi dengan para pembicara asing,” kata Ketua Panitia, I Gusti Ngurah Parikesit Widiateja.

Konferensi ini juga menjadi wadah bagi dosen Fakultas Hukum Unud yang ingin menyebarluaskan hasil penelitiannya. “Beberapa makalah yang dipresentasikan di konferensi ini juga memiliki kesempatan untuk dipublikasikan di jurnal hukum di lingkungan Fakultas Hukum Unud,” imbuhnya. (BTN/r/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us