Komunitas Alu Paling Jaga Kelestarian Sungai

Komunitas Alu Paling Jaga Kelestarian Sungai

Pemerintah Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara menggelar pembinaan kepada Komunitas Anak Lumintang Peduli Akan Lingkungan (Alu Paling). Kegiatan yang bertujuan untuk menggugah kepedulian masyarakat dalam menjaga Kelestarian Sungai ini dibuka Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, I Gusti Ketut Sucipta di kantor desa setempat, Sabtu (25/9).

Perbekel Sucipta memberikan apresiasi atas semangat dan loyalitas Komunitas Peduli Sungai (KPS) Alu Paling. Dimana, melalui pembinaan ini diharapkan hal-hal baik yang telah dilaksanakan dapat diketoktularkan kepada masyarakat. Sehingga upaya berkelanjutan untuk menciptakan Sungai Bersih di kawasan Desa Dauh Puri Kaja dapat diwujudkan.

Pihaknya berharap, dengan adanya KPS Alu Paling ini masyarakat menjadi tergugah kesadarannya. Hal ini utamanya dalam ikut menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah serta ikut membersihkan sungai. “Harapan kami tentu dengan adanya pembinaan ini hal-hal baik yakni semangat dan loyalitas KPS Alu Paling Lumintang ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat lain dalam menjaga kelestarian lingkungan, utamanya sungai dan sumber air,” jelasnya

Ketua KPS Kota Denpasar, IB Anom Parwata didampingi Pembina KPS, I Gusti Agung Ari Rai Temaja mengatakan, giat sosialisasi ini meski di musim pandemi tetap harus bergerak. Sehingga upaya penyadaran masyarakat agar selalu peduli dengan lingkungan. Hal ini dapat dilaksanakan dengam mengkondisikan sampah dari sumbernya serta peduli dengan sungai- sungai yang ada, serta sumber daya air dengan tidak mencemari dan mengotori. “Untuk daerah lain yang dialiri sungai agar menbetuk KPS dan bangkitkan kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan,” harapnya

Ketua Alu Paling Lumintang, Kadek Indra Kesumaja mengucapkan terimakasih atas dukungan Desa Dauh Puri Kaja dalam mendukung KPS Alu Paling Lumintang. Pembinaan dan dukungan ini menjadi semangat untuk terus berbuat demi kelestarian lingkungan, khususnya sungai. “Pembinaan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan untuk bersama-sama menggugah kesadaran masyarakat dalam melestarikan lingkungan dan menjaga sungai,” jelasnya.

Tampak hadir Ketua BPD Desa Dauh Puri Kaja, I Ketut Alit Adnyana Yuda, Kepala Dusun, A.A Ngr Manik Raditya Putra, Klian Adat, I Nyoman Apramana, PKK serta jajaran Komunitas Alu Paling Lumintang. Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan bantuan alat kebersihan. (BTN/bud).

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us