Kripik Pelepah Pisang, Kuliner Baru Khas Desa Kukuh Kerambitan

Kripik Pelepah Pisang, Kuliner Baru Khas Desa Kukuh Kerambitan

Pernah mencicipi kripik pelepah pisang? Menu tersebut merupakan hasil olahan ibu-ibu yang tergabung Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Setelah berhasil memproduksi camilan baru dan unggul itu, mereka tengah giat belajar cara mendesain kemasan produk dengan indah dan menarik. “Ibu-ibu ini tak hanya puas memproduksi kuliner yang unggul, tetapi juga tertarik menyajikan dalam kemasan yang indah dan memikat,” kata Dosen Desain Institut Seni Indonesia (ISI), I Nyoman Larry Julianto saat memberikan workshop cara mendesain kemasan produk, beberapa waktu lalu.

Workshop itu diberikan melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Tahun 2022 oleh Dosen dan Mahasiswa ISI Denpasar itu kepada Kelompok UP2K PKK Desa Kukuh Kerambitan. Kegiatannya, focus pada peningkatan kualitas desain kemasan dan strategi pemasaran produk kelompok UP2K PKK Desa Kukuh Kerambitan. “Ibu-ibu PKK Kelompok UP2K PKK Desa Kukuh Kerambitan yang membuat olahan pelepah pisang menjadi usaha kripik ini, kami latih untuk meningkatan kualitas desain kemasan dan strategi pemasaran produknya,” tegas Larry Julianto yang selaku ketua Tim PKM tersebut.

Dalam pelatihyan itu, para perserta tak hanya dituntut menghasilkan produk yang berkualitas, tetapi juga mampu mengkemas serta memasarkan produk usahanya melalui media sosial, dunia digital. Dengan demikian, produksi mereka bisa lebih dikenal masyarakat luas. Melalui pelatihan ini, diharapkan keripik pisang pelepah pisang, mampu menghasilkan produk unggul yang mampu go nasional dan internasional. Apalagi Desa Kerambitan sering dikunjungi wisatawan.

Pelatihan ini diikuti 16 orang yang terdiri dari 1 orang ketua dan 15 anggota. Namun, saat workshop tersebut tidak semua bisa hadir karena kesibukan, maka yang hadir diwakili kader digital di Desa Kukuh, Kacamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. “Kualitas produk kripik mereka cukup baik, tetapi belum mampu mengkemas dengan indah dan menarik, kemudian memasarkan dengan baik,” ucapnya.

Jika kedua hal tersebut sudah dikuasai, maka kripik pelepah pisang yang merupakan jenis kuliner baru akan mampu menembus pasar yang lebih luas. Sementara ini, produk kripik tersebut hanya mampu menembus pasar di desa tersebut, sehingga dirasa perlu menyebarluaskan ke pasar nasional, hingga internasional. Kripik pelepah pisang juga sangat menarik untuk dijadikan oleh-oleh para wisatawan, jika dikemas dengan baik. “Kegiatan ini bertujuan untuk re-branding kripik pelepah pisang,” ungkap Larry Julianto.

Tahap awal, dilakukan FGD bertempat di ruang pertemuan Kantor Desa, terkait pembahasan mengenai nama (merek) dari produk tersebut. Hal itu, melalui diskusi yang panjang akhirnya disepakati nama (merek) dari produk kripik pelepah pisang adalah DèBong. Kemudian dilanjutkan workshop mendesain ulang kemasan sebelumnya dan melatih cara membuat desain poster digital sebagai media promosi pada instagram (kegiatan di hari yg sama). “Tahap selanjutnya adalah lounching rebranding produk dan sekaligus lounching iklan DèBong yang dalam pengerjaannya bersinergi dengan Mahasiswa MBKM, dan saya selaku pembimbing utama,” paparnya.

Kegiatan workshop terkait Program Kemitraan Masyarakat dengan Judul Peningkatan Kualitas Desain Kemasan dan Strategi Pemasaran Produk Kelompok UP2K PKK Desa Kukuh Kerambitan ini dihadiri oleh Kepala Desa Kukuh Kerambitan, I Nyoman Widhi Adnyana, perwakilan Kelompok UP2K PKK Desa Kukuh Kerambitan, Ni Ketut Sekartini, Kader Digital Desa Kukuh Kerambitan (Kadek Aprilia Pradnyamika), dan Ketua TP PKK Desa Kukuh Kerambitan, Ni Putu Yulia Ratih. “Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi itu meliputi dua aspek permasalahan, yakni Peningkatan Kualitas Desain Kemasan dan Strategi Pemasaran Produk Kelompok UP2K PKK Desa Kukuh Kerambitan,” pungkasnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us