Launching Pojok IKM, Ini Inovasi Dekranasda Tabanan

Launching Pojok IKM, Ini Inovasi Dekranasda Tabanan

Ketua Dekranasda Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H menciptakan inovasi dengan melakukan launching Pojok Industri Kerajinan Menengah (IKM) Dekranasda, Kamis (12/5). Launching Pojok IKM itu, sekaligus menutup Pameran IKM Kuliner Bali Bangkit Tahap 3, di Lobi Kantor Bupati Tabanan. Iii sebagai Dekranasda Tabanan untuk mempopulerkan IKM/UMKM Tabanan.

Dampak Pandemi Covid-19 telah merambah ke berbagai sektor ekonomi terutama pada Industri Kecil Menengah (IKM). Selain harus tetap bertahan, inovasi terbaru juga sangat dibutuhkan untuk mampu berjuang pada kondisi ini, salah satunya perubahan pola konsumsi barang dan jasa dari Offline ke Online. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan berbagai program pengembangan hingga promosi produk dari pemerintah.

Selain itu pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang berlangsung secara berkelanjutan juga menjadi bagian penting dalam mencari solusi dari kendala yang dihadapi hiingga mampu memberi motivasi dalam meningkatkan daya saing produk kerajinan Tabanan. Untuk membangkitkan kembali industri kerajinan di Kabupaten Tabanan.

Maka itu, Dekranasda menekankan tugas dan fungsinya sebagai mitra strategis pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa. demi kesejahteraan pengrajin di Kabupaten Tabanan. Untuk itu, Dekranasda wujudkan kreatifitas dan inovasi dengan diresmikannya “Pojok IKM Dekranasda” di lobi kantor Bupati Tabanan.

Dalam hal ini, Bupati Sanjaya, memberikan apresiasi yang sangat baik terhadap keberlangsungan acara. “Ini merupakan peluang bagi para IKM untuk lebih memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat luas. Saya berharap, Pojok IKM Dekranasda ini tidak hanya ada di lobi kantor Bupati, tapi kedepannya ada di tempat umum seperti di mall, bandara, bank atau tempat lain yang ramai dikunjungi masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi terhadap komitmen, pertisipasi dan dukungan peserta dan seluruh perangkat daerah atas penyelenggaraan Pameran Kuliner IKM Bali Bangkit Tahap 3 yang diikuti oleh Kabupaten Tabanan pada 15-28 April lalu di Art Center Denpasar. “Hal itu sebagai bentuk dukungan kabupaten Tabanan terhadap program-program yang telah digagas oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali, sekaligus sebagai ajang promosi dalam memperkenalkan cita rasa kuliner khas kabupaten Tabanan kepada masyarakat luas,” imbuhnya.

Ny. Rai Sanjaya memaparkan bahwa, Inovasi seperti ini diciptakan guna membantu para UKM Lokal, serta diharapkan dapat berkontribusi positif terhadap pengenalan dan pemasaran produk IKM Kabupaten Tabanan kepada masyarakat luas khususnya tamu yang berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Tabanan. “Sebanyak 10 pengrajin hadir dengan klasifikasi produk seperti keramik, gerabah, besi/logam, ukiran kayu, bambu, dupa dan aroma terapi, serta kerajinan berbahan koran dan kerang, batok kelapa serta pakaian jadi. Nantinya akan dilakukan sistem bergilir dengan jangka waktu pergantian setiap 3 bulan, kami usahakan untuk semua pengrajin di kabupaten Tabanan kami tampilkan di sini,” paparnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us