Libur Lebaran, Jumlah Pengunjung Tanah Lot Tembus Angka 9.367 Orang Perhari

Libur Lebaran, Jumlah Pengunjung Tanah Lot Tembus Angka 9.367 Orang Perhari

Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot memiliki keunikan, sehingga selama Libur Lebaran 2022, jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan. Lonjakan kunjungan wisatawan sudah mulai terlihat saat libur cuti bersama hingga tanggal 3 Mei 2022. Jumlah kunjungan bahkan menembus angka 9.367 orang per hari. “Jumlah kunjungan wisatawan ke DTW Tanah Lot mengalami peningkatan sejak tanggal 29 April lalu,” kata Asisten Manajer DTW Tanah Lot, Putu Toni Wirawan, Rabu (4/5).

Berdasarkan data, pada tanggal 29 April jumlah kunjungan sebanyak 1.985 orang, selanjutnya, tanggal 30 April tercatat sebanyak 2.812 orang, dan tanggal 1 Mei sebanyak 5.031, tanggal 2 Mei sebanyak 7.732 selanjutnya pada tanggal 3 Mei sebanyak 9.367 wisatawan. “Dari total kunjungan wisatawan yang datang ke Tanah Lot ini, didominasi oleh wisatawan domestik yang dominan berasal dari Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan,” jelasnya.

Sedangkan wisatawan mancanegara didominasi dari Australia. Peningkatan kunjungan wisatawan asing mulai terlihat sejak minggu kedua bulan April. Awalnya hanya 30 orang per hari, kemudian menjadi 500 orang per hari. “Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asing ini, terjadi sejak minggu kedua bulan April lalu, tepatnya ketika kebijakan VoA mulai diterapkan,” sebutnya.

Sejak adanya penerapan Visa On Arrival (VoA) atau Visa Kunjungan bagi wisatawan asing yang datang ke Bali, jumlah kunjungan wisatawan asing ke Tanah Lot meningkat. Jadi penerapan VoA ini sangat berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan asing ke Tanah Lot. Ramainya kunjungan wisatawan diprediksi akan berlanjut pada akhir Mei hingga Juni bulan depan. “Kami tetap optimis kunjungan tetap akan ramai menjelang liburan sekolah akhir Mei hingga Juni ini”, jelasnya.

Walaupun kunjungan wisatawan sudah mulai mengalami peningkatan, pengelola tetap menekankan untuk disiplin Protokol Kesehatan (Prokes), bagi pengunjung juga staff dan karyawan. Termasuk pedagang yang ada. Mulai dari scan barcode pedulilindungi, cek suhu tubuh, pemakaian masker yang benar, menghindari berkerumun serta rutin mencuci tangan. Bahkan himbauan prokes selalu disampaikan setiap 10 menit sekali. “Kami tetap tekankan kepada pengunjung agar disiplin prokes selama berkunjung dan tentunya jaga kesehatan selama berwisata untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Pada hari Rabu (4/5) itu, Seksi Kedokteran dan Kesehatan (SiDokkes) Polres Tabanan menggelar Gerai Vaksin Presisi Akselerasi Vaksinasi Kedua dan Booster di DTW Tanah Lot. Hal itu sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. “Gerai Vaksin Presisi itu sebagai upaya Polres Tabanan membantu program pemerintah dalam rangka mempercepat vaksinasi massal menuju Indonesia Sehat, khususnya di Kabupaten Tabanan,” ucap Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas Polres Tabanan Iptu I Nyoman Subagia, S.Sos.

Gerai vaksin yang dipimpin Ipda dr. Ayu Widya Utami ini menyasar pengunjung dan masyarakat umum di kawasan DTW Tanah Lot. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us