Lomba Berbusana Adat ke Pura

Lomba Berbusana Adat ke Pura

Serangkaian D’youth Festival, Teruna Teruni bersama Dinas Pariwisata Kota Denpasar menggelar Lomba Busana Adat Ke Pura sebagai upaya membangkitkan semangat generasi muda untuk ikut melestarikan seni dan budaya Bali. Lomba ini dibuka Sekda, IB. Alit Wiradana didampingi Kadis Pariwisata, Dezire Mulyani ditandai dengan penyematan Pin pada peserta bertempat di Tukad Bindu Kesiman, Jumat (29/10).

Sekda Alit Wiradana sangat mengapresiasi Lomba Busana Adat Ke Pura yang dilaksanakan oleh Teruna Teruni Denpasar. “Ini merupakan wujud melestarikan budaya Bali khususnya dalam memahami tata cara dalam berpakaian adat Bali yang baik dan benar,” katanya.

Di masa pandemi Covid-19 ini generasi muda dituntut untuk selalu kreatif dan produktif. Maka dari itu, Lomba Busana Adat Ke Pura ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam memaknai setiap komponen pakaian adat Bali yang tidak hanya memenuhi nilai estetika, tetapi juga mengedepankan nilai etika berpakaian.

Ketua Umum Semeton Teruna Teruni Denpasar, I Gede Utarayana mengatakan, adapun peserta lomba merupakan siswa siswi SMA maupun SMK dan mahasiswa mahasiswi Perguruan Tinggi atau unum dengan wajib berpasangan laki-laki dan perempuan. Dengan jumlah kategori SMA 12 pasang (12 putri, 12 putra ), Kategori umum 9 Pasang (9 putri , 9 putra), totalnya 21 putri dan 21 putra.

Dari lomba ini diharapkan dapat membantu para generasi muda untuk menyalurkan bakat di bidang Seni dan Budaya Bali yang dimiliki. “Dengan begitu, mulai hari esok dan seterusnya kesenian dan kebudayaan di Bali akan tetap hidup dan tetap terjaga kelestariannya,” ungkapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us