Lumpia Ikan Tongkol. Sudah Pernah Coba?

Lumpia Ikan Tongkol. Sudah Pernah Coba?

Dinas Perikanan Kab. Karangasem berkolaborasi dengan Pusdiklatluh Kementerian Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Perikanan berbasis ikan tongkol di Banjar Dinas Kangin, Desa Seraya Timur. Minggu, (14/11).
Kabid Perikanan Tangkap menjelaskan, kenapa tongkol karena hasil tangkapan nelayan Karangasem dominan ikan tongkol mencapai 70%. Pelatihan ini mendapat perhatian serius dari KKP terbukti dengan kehadiran Kepala Pusat Latihan dan Penyuluhan Perikanan Dr. Lilly Aprilya Pregawati, S.Pi.,M.Si, Guru Besar Institut Sepuluh Nopember Surabaya Prof. Ir. R Syarief Wijaya, Ph.D serta pejabat BP3 Banyuwangi dan pejabat BBRBLPP Gondol.
Dalam diskusi antara Dinas Perikanan dengan Pusdiklatluh dan Guru Besar ITS tercetus berbagai ide terobosan untuk meningkatkan nilai tawar nelayan Karangasem karena disadari bahwa akar permasalahan adalah rendahnya/ fluktuasi harga ikan tongkol sehingga harga penjualan lebih rendah dari ongkos produksi.
Terungkap dalam diskusi terbatas tersebut perlunya produk olahan sebagai nilai tambah ikan dan tempat pemasaran yang memadai. Kapusdiklatluh juga berjanji memfasilitasi beberapa usulan terkait saranan dan prasarana penangkapan ikan ke Dirjen Perikanan Tangkap menyesuaikan dengan rencana yang disusun.
Ni Made Sariastiti salah satu peserta pelatihan mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan menggali ide kreatif pada saat ikan tongkol berlimpah.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us