Mahasiswa harus Miliki Intelektualitas dan Integritas

Mahasiswa harus Miliki Intelektualitas dan Integritas

Mahasiswa merupakan bagian dari generasi muda yang sangat potensial dan memiliki peluang untuk menjadi pemimpin di masa depan. Perjalanan sejarah membuktikan, mahasiswa selalu tampil sebagai pelopor perubahan bangsa. “Sebagai bagian dari generasi muda yang berasal dari lingkungan akademik harus menyiapkan diri agar kelak dapat tampil sebagai pemimpin yang memiliki intelektualitas dan integritas,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Badung I Wayan Suambara saat menjadi pemateri dalam Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar FISIP Univ Warmadewa mewakili Bupati Badung, belum lama ini.

Suambara menegaskan, pemimpin itu harus mampu menjadi motor penggerak, berani mengambil keputusan secara cepat dan tepat, bisa menjadi pengayom, mampu berkomunikasi dengan semua pihak, terbuka terhadap kritik dan saran karena seorang pemimpin akan berinteraksi dengan orang-orang yang dipimpinnya dengan latar belakang yang beraneka ragam. “Oleh sebab itu, jadikanlah lembaga kemahasiswaan ini sebagai tempat untuk melatih diri sebagai calon pemimpin dikemudian hari,” ajaknya.

Pada kesempatan tersebut Suambara juga menceritakan kiat-kiat agar bisa menjadi seorang pemimpin yang sukses dan mengakar di lingkungan masing-masing. “Manajemen adalah salah satu kunci penting sebagai seorang pemimpin disamping aspek lainnya seperti kebijakan-kebijakan yang ditetapkannya,” ujarnya.

Pelatihan berlangsung selama 2 hari sampai dengan tanggal 27 Maret serta diikuti oleh mahasiswa Fisip Unwar secara langsung dan sebagian mengikuti secara virtual. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us