Manchika dan Bimantara, Jegeg Bagus Buleleng 2023

Manchika dan Bimantara, Jegeg Bagus Buleleng 2023


Setelah melewati rangkaian kegiatan dari pendaftaran, karantina, dan penyisihan sejak awal Bulan Februari lalu, Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus Buleleng 2023 yang ditunggu oleh masyarakat Buleleng akhirnya berlangsung di Taman Bung Karno pada Sabtu, (25/4).

Kegiatan yang terbuka oleh umum itu diramaikan oleh masyarakat baik yang sekadar menyaksikan maupun yang hadir untuk memberikan dukungan kepada pasangan finalis Jegeg Bagus Buleleng 2023 favorit mereka.

Sebanyak 10 pasang finalis Jegeg Bagus Buleleng 2023 bersaing ketat menunjukkan kemampuan masing-masing untuk menjadi yang terbaik dan meraih gelar Jegeg Bagus Buleleng 2023.

Setelah melalui sejumlah penilaian pada babak Grand Final, akhirnya ditentukan oleh dewan juri pemenang Jegeg Bagus Buleleng Tahun 2023 adalah Jegeg Putu Manchika Widya Candra dan Bagus Putu Bimantara. Diikuti oleh Runner Up I Jegeg Kadek Gustia Loka dan Bagus I Gede Kaka Aldinh Prayatna, serta Runner Up II Jegeg Ni Kadek Linda Dwi Kristina dan Bagus Gede Ferry Setiawan.

Mewakili Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara memberikan sambutan dan membuka acara.

Ditemui setelahnya, Dody mengatakan ajang Jegeg Bagus Buleleng 2023 ini menjadi sebuah momentum spesial untuk kebangkitan gairah kreativitas kawula muda di Kabupaten Buleleng. Maklum, akibat Pandemi Covid-19, perhelatan Jegeg Bagus Buleleng tidak dapat dilaksanakan 2 kali berturut-turut.

Jegeg Bagus Buleleng tentunya akan menjadi garda depan promosi pariwisata di Kabupaten Buleleng. Peran serta Jegeg Bagus Buleleng sangat diharapkan untuk memberikan sosialisasi dan promosi terkait seni, budaya dan pariwisata di Kabupaten Buleleng.

“Kita ingin membangkitkan semangat gairah kawula muda kita, para yowana kita, untuk bisa turut serta mempromosikan destinasi wisata dan potensi wisata yang ada di Kabupaten Buleleng, jadi sebagai Duta Wisata, semua finalis akan jadi Duta Wisata,” jelas Dody.

Selain itu, pemenang Jegeg Bagus Buleleng 2023 juga nantinya akan maju ke ajang selanjutnya, yaitu Jegeg Bagus Bali untuk mewakili Kabupaten Buleleng. Untuk itu, selama pelaksanaan Pemilihan Jegeg Bagus Buleleng 2023 mereka diberikan kompetensi melalui pembinaan dan karantina.

“Kita berikan mereka materi dan edukasi untuk hardskill dan softskill mereka, baik di bidang pariwisata maupun di bidang budaya,” pungkasnya.

Perhelatan Jegeg Bagus Buleleng 2023 itu disambut antusias oleh masyarakat. Terbukti, Taman Bung Karno tampak dipadati oleh masyarakat dari segala usia.

Salah satu masyarakat yang hadir yaitu Putu Widyasmini asal Desa Bakung. Dirinya datang selain untuk mendukung finalis pasangan Jegeg Bagus 2023 favoritnya, juga untuk menyaksikan ajang pelestarian budaya Bali.

“Bagus bisa melestarikan budaya Bali, terutama tari-tarian tradisional agar bisa bangkit lagi,” tutup pelajar SMK 3 Buleleng itu. (BTN/Denpost/118)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us