Menparekraf akan Perkenalkan Budaya Indonesia kepada Delegasi KTT G20 di Museum Pasifika

Menparekraf akan Perkenalkan Budaya Indonesia kepada Delegasi KTT G20 di Museum Pasifika

Ini berita yanga sangat menggembirakan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan mengenalkan budaya Indonesia kepada para delegasi KTT G20. Menparekraf bakal memilih Museum Pasifika Bali menjadi venue untuk KTT G20 rencananya tersebut. “Saya terpikir untuk menjadikan Museum Pasifika menjadi salah satu side vunue untuk G20,” katanya, akhir pekan lalu.

Menurutnya, museum yang ada dalam kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua itu memiliki banyak keunikan dari koleksi karya seninya. Salah satunya lukisan potret ‘Presumed Potrait of Alexander Pushkin’ karya Raden Saleh.

Lukisan yang menggambarkan sosok pengarang asal Rusia itu awalnya ada di Prancis. Pihak Museum Pasifika kemudian membelinya seharga Rp 2 miliar pada 2019. Sandiaga Uno punsempat terpukau dengan lukisan itu. “Kebetulan saya masih ada urutan dengan keluarga Raden Saleh. Beliau dari Majalengka dari ibu saya,” jelasnya.

Menparekraf Sandiaga Uno menghargai pihak Museum Pasifika yang telah membawa lukisan itu dari Eropa kembali ke Bali. “Raden Saleh memiliki koleksi termahal lukisan yang dijual seharga 11 juta euro,” paparnya serius.

Dalam even KTT G20, Menparekraf Sandiaga Uno mencoba menggunakan Museum Pasifika sebagai venue untuk lunch, cocktail atau dinner. Dengan begitu, para delegasi bisa mengapresiasi karya seni yang ada. Ini akan bisa membawa suasana berbeda dari biasanya. “Keuntungan lainnya, tentu akan membuka lapangan kerja,” ujarnya dengan nada serius.

Pendiri Museum Pasifika, Philippe Augier mengatakan, siap mendukung gagasan Sandiaga Uno. Apalagi ini memperkenalkan budaya nusantara yang memiliki keunikan. “Kami siap membikin pameran 20 karya seni dari 20 negara tamu peserta G20. Ini belum pernah,” sebutnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us