Menteri LHK RI Apresiasi Program Inovasi TOSS Center Klungkung

Menteri LHK RI Apresiasi Program Inovasi TOSS Center Klungkung

Program TOSS Center kembali mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. Hal tersebut terlihat saat Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung (Sekda), I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung dampingi kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Dr.Ir Siti Nurbaya Bakar di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center Gema Santi Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Rabu (11/1)2023.

“Dilihat dari fasilitasnya, ruangnya maupun teknologinya sudah sangat baik. Tetapi nanti sarananya harus perlu ditambah lagi,” ujar Menteri LHK RI, Dr. Ir Siti Nurbaya Bakar saat dilokasi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Dr.Ir Siti Nurbaya Bakar juga mengaku sangat mengapresiasi program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center yang dicanangkan oleh Bapak Bupati Suwirta. Masalah sampah memang sangat penting kita tuntaskan bersama, yang harus dipahami adalah bagaimana posisi sampah dari hulu hingga hilir kemudian apa saja didalam proses itu yang terlibat dan hal yang paling terpenting sampahnya beres.

“Saya kira di Kabupaten Klungkung sudah bersama-sama bergerak serius untuk menuntaskan masalah sampah ini. Nah kalau Klungkung catatan prestasi atau rewards juga banyak, saya pun sangat apresiasi ini mudah-mudahan kedepannya TOSS Center juga bisa menjadi tempat percontohan untuk daerah lainnya,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Sekda Winastra mengenalkan TOSS Center secara singkat dimana pada tahun 2018 lalu, TOSS berhasil masuk top 40 Inovasi Pelayanan Publik, kemudian di tahun 2021 TOSS berhasil masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) kategori khusus. Untuk tahun ini, TOSS masuk dalam Top 5 Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2022.

Selain itu, saat ini Pemkab Klungkung juga tengah membuat program 100 persen TOSS Desa, sebab dengan program ini sangat dinilai bisa menuntaskan permasalahan sampah khususnya di desa-desa. Tentu Perbekel dengan perangkat desa lainnya diharapkan bisa melaksanakan program ini secepatnya untuk mendukung pelaksanaan peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber. “Terimakasih atas kunjungan dan motivasi yang telah Ibu Menteri berikan, semoga kedepannya Kabupaten Klungkung terus konsisten menuntaskan permasalahan sampah ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Sekda Winastra.

Turut hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung, I Ketut Suadnyana serta jajaran Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Klungkung.(BTN/ery).

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us