Menyaksikan Keindahan Nusa Dua Dari Laut

Menyaksikan Keindahan Nusa Dua Dari Laut

Jika sudah biasa menyaksikan keindahan Nusa Dua dari daratan, maka sekali waktu cobalah menikmati kawasan itu dari laut. Tentu beda, namun yang pasti lebih indah. Kemilau pasir putih yang memanjakan, jejer bangunan hotel diantara tumbuhan hijau, aktivitas tamu yang akrab serta garis pantai, seperti pada lukisan yang begitu cantik. Gulungan ombak yang dimanfaatkan para wisatawan untuk bermain surfing, juga tidak sama ketika menyaksikan aktivitas itu dari bibir pantai Nusa Dua. Sungguh, indah memang.

Menyaksikan keindahan Nusa Dua dari tengah laut itu dapat dilakukan dengan naik glass bottom boat (perahu motor yang di tengah-tengahnya berisi kaca), sehingga dapat melihat berbagai kehidupan dalam laut. Setiap boat disertai dengan seorang nahkoda yang merupakan anggota Kelompok Nelayan Merta Segara Samuh. Start dilakukan dari Pantai Samuh, Nusa Dua, lalu melaju ke tengah laut dan menuju arah selatan. Suasana pantai dan laut Nusa Dua tampak bersih, karena terus dijaga kebersihannya oleh kelompok nelayan ini.

Belum lagi ketika melewati Pulau Nusa Dharma dan Peninsula dari luar. Tebing dari pulau itu setiap kali dihempas air laut. Maka, liuk lekuk tebing itu seperti ukiran alami yang indah. Di sekitar Pulau Nusa Dharma itu menjadi pusat aktivitas para pecinta surfing. “Ketika memasuki bulan Desember hingga Maret para surfer ini menuju ke pantai arah timur. Sebab, di pantai barat saat itu biasanya ada kiriman sampah, sehingga menggangu aktivitas surfing,” kata General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita.

Satu hal lagi, Pantai Samuh hingga Nusa Dua begitu bersih, sehingga ikan-ikan serta terumbu karang dapat dilihat dengan jelas. Memang, pantai ini menyajikan keindahan pesona bawah laut yang merupakan tempat pertumbuhan terumbu karang. Melalui glass bottom boat itu, para wisatawan dapat menyaksikan keindahan bawah laut. Ada yang baru tumbuh, ada yang sudah besar dan sudah berkembang. Demikian pula terhadap ikan-ikan dengan berbagai jenis dan beraneka warna. Keindahan lautr Nusa Dua juga bisa dinikmati dengan melakukan aktivitas snorkeling atau menggunakan beberapa peralatan selam.

Ketua Kelompok Nelayan Merta Segara Samuh, Ketut Tarma mengaku, sebagai masyarakat lokal tak merasa ragu untuk tinggal di kawasan ini karena keindahan. Pantai yang membawa aura itu tak hanya untuk para turis, tetapi juga untuk masyarakat local. Dalam menjaga kawasan pantai, Kelompok Nelayan Samuh bekerjasama dengan Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC). “Kami mengapresiasi ITDC yang memilih Nelayan Samuh menjadi partner dalam penmyelenggaraan gathering ini,” ucap Tarma. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us