Mercure Kuta Beach Bali Lepas 77 Tukik, Maknai Kemerdekaan RI

Mercure Kuta Beach Bali Lepas 77 Tukik,  Maknai Kemerdekaan RI

Mercure Kuta Beach Bali melepas tukik (anak penyu) untuk memaknai Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI). Kali ini, tukik yang dilerpasliarkan sebanyak 77 ekor sesuai dengan usia Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI ke 77 bertempat di Pantai Kuta, Senin (16/8). Kegiatan sebsagai bentuk peduli lingkungan ini menggandeng anggota hotel, BKSDA Bali, LPM Desa Adat Kuta, serta melibatkan wisatawan mancanegara (wisman) yang tengah berlibur di Pantai Kuta.

Kegiatan ini menjadi penanda berdenyutnya kembali pariwisata Bali setelah dua tahun lamanya meredup karena pandemi Covid-19. Pelaku pariwisata dan akomodasi pariwisata, baik hotel-hotel maupun restoran, mulai beroperasi normal, sehingga melakukan berbagai kegiatan untuk memaknai Hari Kemerdekaan ke-77 RI ini. Kegiatan ini menjadi menarik bagi para wisatawan yang sedang berwisata di Bali. “Mercure Kuta Beach Bali memilih cara yang berbeda dalam merayakan Kemerdekaan RI ke 77,” kata Hotel Manager Mercure Kuta Beach Bali, Pantri Arini.

Kegiatan peduli lingkungan melalui program Plant For The Planet juga sebagai cara mendukung pemerintah dalam mempersiapkan G20. Program Planet 21 juga sangat relevan dengan konsep hidup tangguh yang diusung oleh Pemerintah Provinsi Bali yaitu Tri Hita Karana. “Pelepasan tukik ini sebagai simbol kemerdekaan kami. Keberadaan penyu sangat penting untuk menjaga ekosistem di laut. Persentase keberhasilan tukik bisa hidup sampai dewasa tidak sampai 1 persen, sangat kecil, sehingga ini langkah kami untuk membantu mengkonservasi penyu di Pantai Kuta ini,” jelasnya.

Dua tahun pandemi, Mercure Kuta Beach Bali mulai kembali hidup. Dari 130 kamar hotel yang tersedia, tingkat okupansi saat ini telah mencapai di atas 80 persen. Saat ini, kunjungan, didominasi Wisatawan Domestik (wisdom). Sementara Wisatawan Mancanegara (Wisman) didominasi turis asal Australia dan India. “Tingginya tingkat okupansi ini, lantaran Mercure Kuta Beach Bali sangat concern mengangkat konsep go green, salah satunya melalui program plant for the planet. Dengan memberdayakan produk lokal dari para petani dan ramah lingkungan, menjadi salah satu inovasi dan daya tarik bagi wisatawan. Ini juga dapat meningkatkan okupansi hotel,” paparnya.

Mercure Kuta Beach Bali juga menerapkan Kampanye No Single Use Plastic dengan berkomitmen untuk berhenti menggunakan plastik sekali pakai di seluruh hotel-hotel dibawah naungan Accor Group. “Kami ingin menghidupkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) local. Kami juga telah mengadakan bazaar di area hotel, sehingga tamu dan wisatawan dapat membeli produk-produk yang dijual masyarakat lokal. Kami membeli produk sayur dan telur dari UMKM yang dibentuk oleh pemerintah Kabupaten Badung,” pungkas Pantri Arini. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us